Hukum Memberi Makan Kucing

1
69

BincangSyariah.Com – Kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai bahkan hidup bersama kita. Tak jarang kita jumpai sebuah keluarga atau orang tertentu yang memang sengaja memelihara kucing, dikasih makan dan minum sebagaimana layaknya peliharaan biasa. Sebanarnya, bagaimana hukum memberi makan kucing dalam Islam?

Dalam Islam, memberi makan hewan termasuk perbuatan terpuji dan sangat dianjurkan. Hukum memberi makan kucing pun menjadi sunnah. Kita dianjurkan untuk memberi makan hewan apa saja, termasuk kucing, ayam, bahkan anjing. Memberi makan pada hewan akan mendapatkan pahala dari Allah seperti halnya memberi makan pada manusia.

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda;

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِي بِطَرِيقٍ اشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطَشُ فَوَجَدَ بِئْرًا فَنَزَلَ فِيهَا فَشَرِبَ ثُمَّ خَرَجَ فَإِذَا كَلْبٌ يَلْهَثُ يَأْكُلُ الثَّرَى مِنْ الْعَطَشِ فَقَالَ الرَّجُلُ لَقَدْ بَلَغَ هَذَا الْكَلْبَ مِنْ الْعَطَشِ مِثْلُ الَّذِي كَانَ بَلَغَ بِي فَنَزَلَ الْبِئْرَ فَمَلَأَ خُفَّهُ ثُمَّ أَمْسَكَهُ بِفِيهِ فَسَقَى الْكَلْبَ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَإِنَّ لَنَا فِي الْبَهَائِمِ أَجْرًا فَقَالَ نَعَمْ فِي كُلِّ ذَاتِ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

Artinya:

Pada suatu ketika ada seorang laki-laki sedang berjalan melalui suatu jalan, lalu dia merasa sangat kehausan. Kebetulan dia menemukan sebuah sumur, maka dia turun ke sumur itu untuk minum. Setelah keluar dari sumur, dia melihat seekor anjing menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan.

Orang itu berkata dalam hatinya; Alangkah hausnya anjing itu, seperti yang baru aku alami. Lalu dia turun kembali ke sumur, kemudian dia menciduk air dengan sepatunya, dibawanya ke atas dan diminumkannya kepada anjing itu. Maka Allah berterima kasih kepada orang itu dan mengampuni dosanya. Para sahabat bertanya; Ya, Rasulullah, dapat pahalakah kami bila menyayangi hewan-hewan ini? Beliau menjawab; Iya, setiap menyayangi makhluk hidup adalah berpahala.

Anjuran memberi makan kucing dan hewan-hewan lainnya apabila dilepas. Jika kucing dan hewan-hewan lainnya itu tidak dilepas melainkan diikat atau disimpan di suatu kandang, maka hukumnya wajib memberinya makan. Jika tidak memberinya makan, maka hukumnya berdosa.

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abdullah Ibn Umar, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda;

دخلت امرأة النار في هرة ربطتها، فلم تطعمها، ولم تدعها تأكل من خشاش الأرض

Seorang wanita masuk neraka dikarenakan seekor kucing yang dia ikat, dia tidak memberinya makan dan tidak melepaskannya (untuk dibiarkan) memakan makanan-makanan yang ada di bumi.

100%

1 KOMENTAR

  1. Tergantung juga sih. Tetangga saya suka memberi makan kucing liar tapi dibiarkan berkeliaran tidak dikurung. Akhir di lingkungan kami banyak kucing dan sering membuang kotoran/sembarangan. Banyak tetangga terganggu tapi yang memelihara kucing tidak peduli meskipun sudah diingatkan. Kalau yang begini kan jadinya dosa. Karena mengganggu tetangga dan menyebarkan banyak najis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here