Hukum Membeli dan Menjual Monyet

0
662

BincangSyariah.Com – Di sebagian daerah, terutama di daerah pegunungan, monyet termasuk hewan yang ditangkap dan diperjualbelikan. Banyak warga yang memelihara monyet yang didapat melalui transaksi jual-beli. Dalam Islam, bagaimana hukum membeli dan menjual monyet ini, apakah boleh?

Menurut para ulama, membeli dan menjual monyet hukumnya sah dan diperbolehkan. Monyet termasuk hewan yang bermanfaat untuk menjaga rumah, menjaga barang-barang, dan lainnya, sehingga ia boleh dibeli maupun dijual.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hayatul Hayawan Al-Kubro berikut;

اكل القرد حرام عندنا و به قال عكرمة و عطاء و مجاهد و الحسن وابن حبيب من المالكية و قال مالك و جمهور اصحابه ليس بحرام و اما بيعه فيجوز لانه يقبل التعليم فيمسك الشمعة و يحفظ الامتعة

Makan monyet hukum haram menurut kami. Ini juga pendapat ‘Ikrimah, ‘Atha’, Mujahid, Al-Hasan, Ibnu Habib dari ulama Malikiyah. Imam Malik dan kebanyakan teman-temannya (ulama Malikiyah) mengatakan tidak haram. Adapun menjualnya, maka hukumnya boleh karena monyet bisa dididik sehingga bisa memegang dan menjaga barang-barang.

Dalam kitab Fathul ‘Aziz, Imam Rafii juga mengatakan bahwa membeli dan menjual monyet hukumnya boleh karena ia bisa dididik sehingga bisa bermanfaat pada pemiliknya. Beliau berkata sebagai berikut;

واعلم أن الحيوانات الطاهرة علي ضربين (أحدهما) ما ينتفع به فيجوز بيعه كالغنم والبغال والحمير ومن الصيود كالظباء والغزلان ومن الجوارح كالصقور والبزاة والفهود ومن الطيور كالحمام والعصافير والعقابومنه ما ينتفع بلونه أو صوته كالطاوس والزرزور وكذا الفيل والهرة وكذا القرد فانه يعلم الاشياء فيعلم.

Ketahuilah bahwa jenis hewan suci itu ada dua. Pertama, hewan yang dapat ambil manfaatnya, seperti kambing, bagal, keledai. Dari jenis hewan yang diburu, ada juga hewan suci seperti kijang dan antelop. Dari hewan pemangsa, ada elang, gagak, dan macan.

Dari burung ada burung dara, emprit, dan gagak. Kedua, hewan yang dapat diambil manfaatnya karena keindahan warna bulu atau suaranya, seperti burung merak dan burung jalak. Begitu pun juga termasuk gajah, kucing, dan monyet, karena yang terakhir ini dapat diajarkan mengetahui banyak hal.  

Baca Juga :  Agar Tidak Malas, Kekanglah Nafsumu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here