Hukum Membawa Kucing ke dalam Masjid, Apakah Boleh?

2
1894

BincangSyariah.Com – Ketika kita sedang melaksanakan shalat berjemaah di masjid, kadang kita melihat ada orang yang membawa hewan peliharaan seperti kucing ke dalam masjid. Bagaimana hukum membawa kucing ke dalam masjid?

Menurut Imam Al-Mutawalli dan ulama lainnya, membawa hewan peliharaan ke dalam masjid seperti kucing hukumnya adalah makruh. Hal ini disebabkan karena hewan peliharaan tersebut dikhawatirkan akan mengotori masjid. Meski demikian, hal itu tidak sampai haram karena Nabi Saw pernah membiarkan Umanah binti Zainab membawa hewan ke dalam masjid. (Baca: Hukum Masuk Masjid Ketika Pakaian Terkena Najis)

Ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab berikut;

قال المتولي وغيره : يكره ادخال البهائم والمجانين والصبيان الذين لا يميزون المسجد لانه لايؤمن تلويثهم اياه ولا يحرم ذلك لانه ثبت في الصحيصحن ان رسول الله صلى الله عليه وسلم صلى حاملا امامة بنت زينب وطاف على بعيره

Imam Al-Mutawalli dan ulama lainnya berkata; ‘Makruh memasukkan hewan peliharaan, orang gila, anak kecil yang belum tamyiz, ke dalam masjid. Hal ini karena meraka dikhawatirkan akan mengotori masjid. Namun hal itu tidak haram karena disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Saw pernah shalat membawa Umamah binti Zainah dan dia mengelilinginya untanya.

Tentunya hal ini dengan catatan jika hewan peliharaan tersebut tidak membawa najis atau terkena najis. Adapun jika terlihat membawa najis atau terkena najis, maka tidak boleh membawanya ke dalam masjid. Menurut para ulama, sengaja membawa najis atau sesuatu yang terkena najis ke dalam masjid hukumnya adalah haram karena hal itu menyebabkan masjid menjadi kotor dan najis.

Baca Juga :  Membangun Masjid, Apa sih Keutamaannya?

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab berikut;

ويحرم ادخال النجاسة الى المسجد

Haram memasukkan najis ke dalam masjid.

Dengan demikian, membawa hewan peliharaan seperti kucing ke dalam masjid hukumnya makruh jika dalam keadaan suci. Namun jika membawa najis atau terkena najis, maka hukum membawanya adalah haram.

2 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai bahkan hidup bersama kita. Tak jarang kita jumpai sebuah keluarga atau orang tertentu yang memang sengaja memelihara kucing, dikasih makan dan minum sebagaimana layaknya hewan peliharaan biasa. Karena itu, kucing tak jarang kencing di lantai, bahkan juga muntah. Bagaimana hukum muntahan kucing, suci atau najis? (Baca: Hukum Membawa Kucing ke dalam Masjid, Apakah Boleh?) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here