Hukum Memakan Makanan Haram Karena Tidak Tahu, Apakah Berdosa?

0
20

BincangSyariah.Com – Dalam kondisi tertentu, terkadang kita memakan makanan haram karena tidak tahu. Misalnya, kita makan makanan hasil curian yang diberikan oleh teman, dan kemudian setelah kita makan, dia memberitahu bahwa makanan tersebut diperoleh dari mencuri. Dalam keadaan demikian, apakah masih berdosa memakan makanan haram karena tidak tahu? (Baca: Makan Makanan Haram, Apakah Wudhu Batal?)

Menurut para ulama, memakan makanan haram karena tidak tahu bahwa makanan itu haram, hukumnya tidak masalah, tidak berdosa. Hal ini karena sesuatu yang tidak kita ketahui dihukumi sama seperti tidak ada, atau dikembalikan pada hukum asal, yaitu boleh atau halal.

Karena itu, jika kita makan makanan hasil curian dari orang lain dan kita tidak tahu, maka kita tidak berdosa. Yang berdosa adalah orang yang mencuri tersebut. Sebaliknya, jika sebelum makan kita mengetahuinya, baik karena diberi tahu atau lainnya, maka kita wajib menjauhinya. Jika kita tetap memakannya, maka kita berdosa.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu’ah Al-Rasail Al-Kubra berikut;

وإن كان مجهول الحال فالمجهول كالمعدوم، والأصل فيما بيد المسلم أن يكون ملكاً له إن ادعى أنه ملكه، فإذا لم أعلم حال ذلك المال الذي بيده بنيت الأمر على الأصل

Apabila keadaannya majhul (tidak diketahui), maka sesuatu yang majhul seperti halnya sesuatu yang tidak ada. Hukum asalnya apa yang berada di tangan seorang muslim maka itu adalah miliknya jika ia menyatakan bahwa itu adalah miliknya. Apabila saya tidak mengetahui keadaan harta yang ada di tangan orang tersebut, maka hukumnya dikembalikan ke hukum asal tadi.

Dalam kitab Thariqul Wushul ila ‘Ilmil Ma’mul juga disebutkan sebagai berikut;

المجهول في الشريعة كالمعدوم والمعجوز عنه فان الله قال: لا يكلف الله نفسا الا وسعها

Sesuatu yang tidak diketahui, dalam syariat, statusnya sama dengan sesuatu yang tidak ada dan sesuatu yang berada di luar kemampuan. Karena Allah telah berfirman; Allah tidak membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya.

Meski makan makanan haram yang tidak diketahui tidak berdoasa, namun kita seharusnya berhati-hati agar jangan sampai makan makanan haram. Jika sudah terlanjur makan karena tidak tahu, maka hendaknya kita segera beristighfar kepada Allah dan memohon kepada-Nya agar tidak menjadikan makanan haram tersebut sebagai makanan yang membawa keburukan dan kemaksiatan.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here