Hukum Memakai Sepatu atau Sandal Sambil Berdiri

0
1741

BincangSyariah.Com – Sebagian kita biasa memakai sepatu atau sandal sambil berdiri. Ini disebabkan karena memakai sandal dengan posisi berdiri lebih mudah. Berbeda dengan memakai sepatu, kadang kita memakainya dengan posisi berdiri, kadang dengan posisi duduk. Namun dalam sebuah pengajian, ada seorang ustadz yang menjelaskan bahwa memakai sepatu atau sandal sambil berdiri dilarang. Benarkah memakai sandal sambil berdiri dilarang dalam Islam?

Sepatu atau sandal adalah alas kaki yang setiap hari kita kenakan. Di antara fungsi sandal dan sepatu adalah agar kaki kita tidak terkena kotoran dan najis. Selain itu, juga agar kaki selamat dari bahaya, seperti terkena duri dan sebagainya.

Dalam kitab Al-Majmu’, Imam Nawawi mengatakan bahwa memakai sandal dan sepatu dengan posisi berdiri hukumnya adalah makruh. Karena itu, ketika kita memakai sandal dan sepatu, maka kita dianjurkan untuk memakainya dengan posisi duduk. Beliau berkata sebagai berikut;

يكره أن يلبس النعل والخف ونحوهما قائما لحديث جابر قال  نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن ينتعل الرجل قائما

Makruh seseorang memakai sandal dan sepatu dan sejenisnya dengan posisi berdiri. Ini berdasarkan hadis yang bersumber dari Jabir, dia berkata; Rasulullah Saw melarang seseorang memakai sandal dengan posisi berdiri.

Menurut Imam al-Khattabi, maksud larangan memakai sandal dan sepatu dengan posisi berdiri, disebabkan karena butuh dengan pertolongan tangan atau amat sulit sekali jika mengenakannya sambil berdiri. Karena itu, lebih utama memakai sandal dan sepatu sambil duduk karena lebih mudah dan selamat dari jatuh.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu’ berikut;

قال الخطابي سبب النهي خوف انقلابه إذا انتعل قائما فأمر بالقعود لأنه أسهل وأعون وأسلم من المفسدة

Baca Juga :  Ketika Sandal yang Dipakai Putus dalam Perjalanan, Ini Doa yang Diajarkan Nabi

Imam Khatthabi berkata, larangan ini disebabkan karena dikhawatirkan oleng jika memakai sandal berdiri. Karena itu, diperintah untuk memakai sambil duduk karena hal itu lebih mudah dan selamat dari kecelakaan.

Menurut Imam Al-Munawi dalam kitab Faidhul Qadir, larangan memakai sandal sambil berdiri ini hanya berupa irsyad (nasihat yang tidak mengikat hukum) saja, atau petunjuk untuk yang lebih baik, bukan larangan haram maupun makruh. Karena itu, jika sekiranya memakai sandal dan sepatu lebih mudah berdiri, maka hal itu tak mengapa dilakukan.

Menurut Imam Al-Thibi, larangan memakai sambil berdiri hanya khusus memakai sepatu saja karena jika memakainya sambil berdiri dapat menyebabkan keletihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here