Hukum Memakai Pacar Kuku Warna Hitam bagi Laki-laki

0
13

BincangSyariah.Com – Umumnya, pacar kuku digunakan oleh perempuan untuk melukis tangan dan kakinya ketika menikah atau bersolek karena ada acara hajatan. Warnanya pun bermacam-macam, ada yang warna merah, hitam, dan lainnya. Sementara laki-laki jarang memakai pacar untuk melukis tangan dan kakinya. Namun bagaimana hukumnya jika laki-laki memakai pacar kuku warna hitam untuk melukis tangan dan kakinya, apakah boleh?

Menurut para ulama, laki-laki tidak boleh memakai pacar kuku untuk melukis tangan dan kakinya. Selain itu, lelaki juga tidak boleh mewarnai kuku tangan dan kuku kakinya, baik pacar kuku warna hitam, merah dan lainnya. Jika laki-laki melukis tangan dan kakinya dengan pacar kuku, henna, kutek, apapun warnanya, maka hukumnya adalah haram.

Hal ini karena melukis bagian tangan dan kaki hanya khusus bagi perempuan. Sehingga jika laki-laki melukis bagian tangannya, atau bagian kakinya, maka dia dianggap menyerupai perempuan. Sementara menyerupai perempuan dalam Islam hukumnya haram bagi laki-laki.

Adapun jika laki-laki melukis bagian tubuhnya selain bagian tangan dan kaki, maka hal itu tidak masalah, baik menggunakan henna warna hitam, merah dan lainnya. Yang tidak boleh adalah melukis bagian tangan dan kaki, apapun bentuk warnanya, baik hitam, merah, dan lainnya.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ لِلرَّجُل أَنْ يَخْتَضِبَ فِي رَأْسِهِ وَلِحْيَتِهِ لِتَغْيِيرِ الشَّيْبِ بِالْحِنَّاءِ وَنَحْوِهِ لِلأْحَادِيثِ الْوَارِدَةِ فِي ذَلِكَ، وَجَوَّزُوا لَهُ أَنْ يَخْتَضِبَ فِي جَمِيعِ أَجْزَاءِ بَدَنِهِ مَا عَدَا الْكَفَّيْنِ وَالْقَدَمَيْنِ فَلاَ يَجُوزُ لَهُ أَنْ يَخْتَضِبَ فِيهِمَا إِلاَّ لِعُذْرٍ؛ لأِنَّ فِي اخْتِضَابِهِ فِيهِمَا تَشَبُّهًا بِالنِّسَاءِ وَالتَّشَبُّهُ بِالنِّسَاءِ مَحْظُورٌ شَرْعًا

Ulama sepakat bahwa dianjurkan bagi laki-laki untuk menyemir rambut dan jenggot guna merubah uban dengan memakai henna dan semacamnya berdasarkan beberapa hadis dalam masalah itu. Mereka juga membolehkan bagi laki-laki untuk mentato seluruh bagian tubuhnya selain kedua telapak tangan dan kaki.

Maka tidak boleh bagi laki-laki melukis kedua telapak tangan dan kedua kakinya kecuali ada uzur. Ini karena melukis kedua telapak tangan dan kedua kaki bagi laki-laki dinilai menyerupai perempuan, sementara menyerupai perempuan hukumnya dilarang dalam syariat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here