Hukum Melaksanakan Salat di Tempat Ibadah Non-Muslim

0
1848

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum melaksanakan salat di tempat ibadah non-Muslim? Dalam Islam, melaksanakan salat sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim. Namun jika dilaksanakan di tempat ibadah non-Muslim, maka para ulama berbeda pendapat terkait masalah ini.

Dalam kitab al-Adabu al-Syar’iyah wa al-Minah al-Mar’iyah, Muhammad bin Muflih al-Maqdisi menyebutkan beberapa pendapat ulama terkait hukum melaksanakan salat di tempat ibadah non-Muslim.

Pertama, menurut Ibnu ‘Aqil, melaksanakan salat di tempat ibadah non-Muslim dinilai sah namun makruh, baik di dalamnya ada patung atau tidak.

وقال ابن عقيل : تكره الصلاة فيها ; لأنه كالتعظيم والتبجيل لها وقيل ; لأنه يضر بهم

“Makruh salat di tempat ibadah non-Muslim karena hal itu seperti mengagungkan dan menghormati tempat ibadah tersebut. Menurut pendapat yang lain, karena salat di tempat ibadah non-Muslim akan membuat mudarat kepada mereka.”

Kedua, menurut Ibnu Tamim, jika di dalam tempat ibadah non-Muslim tidak ada patungnya, maka boleh memasuki tempat ibadah tersebut dan juga boleh melaksanakan salat di dalamnya.

وقال ابن تميم لا بأس بدخول البيع والكنائس التي لا صور فيها والصلاة فيها

“Ibnu Tamim berkata, tidak masalah memasuki sinagog dan gereja yang di dalamnya tidak ada patung, dan juga tidak masalah melaksanakan salat di dalamnya.”

Pendapat ini sesuai dengan pendapat Ibnu ‘Abbas dan Malik. Mereka berdua memakruhkan salat di dalam gereja karena ada patungnya.

وكره ابن عباس ومالك الكنائس لأجل الصور

Ketiga, boleh melaksanakan salat di tempat ibadah non-Muslim asalkan bersih dan suci. Ini adalah pendapat sahabat Ibn ‘Umar dan Abu Musa Al-Asy’ari.

لا بأس بالصلاة في الكنيسة النظيفة روي ذلك عن ابن عمر وأبي موسى وحكاه عن جماعة

Baca Juga :  Klarifikasi K.H. Ma'ruf Amin tentang Larangan Mengucapkan Selamat Natal

“Tidak masalah melaksanakan salat di dalam gereja yang bersih. Pendapat diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, Abu Musa dan Jamaah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here