Hukum Makan Telur Mentah

0
18

BincangSyariah.Com – Selain direbus dan digoreng, biasanya telur dimakan dalam keadaan mentah. Umumnya, telur hewan yang dimakan dalam keadaan mentah ditujukan sebagai jamu dan obat. Sebenarnya, bagaimana hukum makan telur mentah? (Baca: Merebus Telur dengan Air Najis, Apakah Telurnya Boleh Dimakan?)

Disebutkan bahwa makan telur mentah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena itu, tidak heran jika masyarakat menjadikan telur mentah sebagai jamu dan obat, baik untuk menambah stamina atau untuk menghilangkan penyakit tertentu.

Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah pernah menyarankan seseorang yang kurang subur untuk mengonsumsi telur dan bawang merah. Riwayat tersebut bersumber dari Ibnu Umar, dia berkata;

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَشَكَى إِلَيْهِ قِلَّةَ الْوَلَدِ فَأَمَرَهُ أَنْ يَأْكُلَ الْبَيْضَ وَالْبَصَلَ

Ada seseorang yang datang kepada Nabi Saw dan dia mengadu kepada beliau mengenai sedikitnya anak. Maka kemudian beliau menyarakan kepadanya agar ia mengonsumsi telur dan bawang merah.

Menurut para ulama, semua telur hewan, baik hewan yang halal dimakan maupun tidak halal, hukumnya suci dan halal dimakan, baik dalam keadaan mentah atau dimasak. Selama telur tersebut tidak busuk, maka hukumnya boleh dimakan dalam keadaan mentah atau dimasak. Sebaliknya, jika sudah busuk, maka hukumnya najis dan tidak dikonsumsi, baik mentah atau dimasak.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab Nihayatuz Zain berikut;

فائدة: إذا فسد البـيض بحيث لا يصلح للتخلق فهو نجس، وكذا بـيض الميتة وما عدا ذلك طاهر مأكول ولو من حيوان غير مأكول كالحدأة والغراب والعقاب والبومة والتمساح والسلحفاة ونحوها إلا بـيض الحيات

Faidah; ketika telur telah rusak, hingga tidak bisa berkembang untuk jadi piyik, maka hukumnya najis. Demikian pula telur hewan yang telah mati (telur bangkai). Dan selain itu, semua dihukumi suci dan bisa dimakan meskipun dari hewan yang tidak bisa dimakan seperti rajawali, gagak, elang, burung hantu, buaya, kura-kura dan semisalnya kecuali telur dari golongan ular.

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah juga disebutkan sebagai berikut;

فشرب البيض النيء جائز ، بل إن أهل الطب يذكرون أن له فوائد صحية كثيرة.

Maka mengonsumsi telur mentah hukumnya boleh. Bahkan ahli kedokteran menyebutkan bahwa mengonsumsi telur mentah memiliki banyak manfaat.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here