Hukum Makan dan Minum dalam Masjid

2
16

BincangSyariah.Com – Saat ini makan dan minum dalam masjid sudah banyak kita jumpai, baik di acara-acara tertentu, seperti acara maulidan, buka bersama dan lainnya. Sebenarnya, bagaimana hukum makan dan minum dalam masjid?

Makan dan minum di dalam masjid hukumnya diperbolehkan selama bisa dipastikan bisa menjaga kebersihan masjid, tidak membuat masjid bau, dan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Fatawa Al-Imam Al-Nawawi berikut;

مسألة: أكلُ الخبز والبطيخِ والفاكهة وغير ذلك في المسجد هل هو جائز؟ وهل يُمنع منه؟

الجواب هو جائز، ولا يمنع منه ، لكن ينبغي له أن يبسط شيئا، ويصون المسجد، ويحترز من سقوط الفتات والفاكهة وغيرها في المسجد. وهذا الذي ذكرناه فيما ليس له رائحة كريهة: كالثوم، والبصل، والكراث، والبطيخ الذي ليس فيه شيء من رائحة ذلك ونحوه، فإن كان فيه شيء من ذلك فيكره أكله في المسجد، ويمنع آكله من المسجد حتى يذهب ريحه

Pertanyaan: Makan roti, semangka, buah-buahan dan lainnya, apakah hal itu boleh atau dilarang?

Jawab: Boleh dan tidak dilarang, namun diharuskan untuk membentangkan sesuatu (untuk alas tempat makan), menjaga (kebersihan) masjid, dan menjaga (membersihkan) sisa makanan yang jatuh ke lantai masjid. Kebolehan ini berlaku untuk makanan yang tidak berbau, semisal bawang putih, bawang merah, dan bawang bakung, dan buah semangka yang tidak berbau. Adapun makanan yang berbau tidak sedap dan enak, dimakruhkan memakannya di dalam masjid. Orang yang memakan hidangan berbau tidak sedap dilarang masuk masjid sampai baunya hilang.

Sebaliknya, jika makan dan minum di dalam masjid membuat masjid menjadi kotor, atau sampai mengganggu orang yang hendak beribadah, maka hukumnya menjadi haram. Hal ini karena tujuan utama masjid adalah untuk beribadah, bukan tempat makan, minum dan lainnya.

Dalil yang dijadikan dasar keharaman membuat masjid kotor adalah hadis yang bersumber dari Anas bin Malik, dia berkata;

ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ان هذه المساجد لا تصلح لشيئ من هذا البول ولا القذر انما هي لذكر الله وقراءة القرأن

Sesungguhnya masjid-masjid ini tidak pantas pada kencing dan kotoran ini. Sesungguhnya masjid-masjid ini untuk berzikir kepada Allah dan membaca Al-Quran.

100%

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here