Hukum Makan Daging Gajah, Halal atau Haram?

4
3467

BincangSyariah.Com – Gajah termasuk hewan yang banyak dipelihara oleh sebagian masyarakat. Pada umumnya, gajah dipelihara untuk dijadikan hewan tunggangan, bukan untuk dimakan dagingnya sebagaimana sapi dan kambing. Namun bagaimana jika gajah disembelih dan kemudian dimakan, apakah halal atau haram?

Menurut kebanyakan ulama Syafiiyah, gajah termasuk hewan yang tidak boleh dimakan. Meskipun gajah disembelih secara islami, misalnya, maka dagingnya tetap tidak halal dimakan karena gajah termasuk hewan yang memiliki taring. Setiap hewan yang memiliki taring, maka ia tidak halal dimakan.

Ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Al-Wasith berikut;

الأَصْل الثَّالِث كل ذِي نَاب من السبَاع وكل ذِي مخلب من الطير إِذْ نهى رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم عَنهُ وَيحرم الْفِيل لِأَنَّهُ ذُو نَاب

Dasar ketiga (yang haram dimakan) adalah setiap hewan buas yang memiliki taring dan setiap burung yang memiliki cakar. Ini karena Rasulullah melarangnya. Dan, gajah hukumnya haram karena ia memiliki taring.

Dalam kitab Al-Umm, Imam Syafii berkata sebagai berikut;

ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺘَﻮَﺿَّﺄُ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺸْﺮَﺏُ ﻓﻲ ﻋَﻈْﻢِ ﻣَﻴْﺘَﺔٍ ﻭَﻟَﺎ ﻋَﻈْﻢِ ﺫَﻛِﻲٍّ ﻟَﺎ ﻳُﺆْﻛَﻞُ ﻟَﺤْﻤُﻪُ ﻣِﺜْﻞِ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴﻞِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺳَﺪِ ﻭﻣﺎ ﺃَﺷْﺒَﻬَﻪُ ﻟِﺄَﻥَّ ﺍﻟﺪِّﺑَﺎﻍَ ﻭَﺍﻟْﻐُﺴْﻞَ ﻟَﺎ ﻳُﻄَﻬِّﺮَﺍﻥِ ﺍﻟْﻌَﻈْﻢَ ﺭَﻭَﻯ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺑﻦ ﺩِﻳﻨَﺎﺭٍ ﺃَﻧَّﻪُ ﺳﻤﻊ ﺑﻦ ﻋُﻤَﺮَ ﻳَﻜْﺮَﻩُ ﺃَﻥْ ﻳُﺪَﻫَّﻦَ ﻓﻲ ﻣُﺪْﻫُﻦٍ ﻣﻦ ﻋِﻈَﺎﻡِ ﺍﻟْﻔِﻴﻞِ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻣَﻴْﺘَﺔٌ

Tidak diperkenankan berwudhu’ dan minum dengan menggunakan tulang bangkai dan tulang hewan yang disembelih yang tidak boleh dimakan dagingnya, seperti tulang gajah, harimau dan sejenisnya. Sebab tulang hewan tidak dapat disucikan dengan dibasuh atau dengan proses penyamaan. Abdullah bin Dinar meriwayatkan bahwa dia pernah mendengar Abdullah bin Umar yang tidak suka berminyak dengan minyak dari tulang gajah karena hal itu adalah bangkai.

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Ujian Cinta Kepada Allah

Namun demikian, meski kebanyakan ulama Syafiiyah berpendapat bahwa gajah hukumnya haram dimakan, tetapi sebagian ulama ada yang membolehkan gajah untuk dimakan, seperti Imam Al-Sya’bi, Ibnu Syihab, dan Malik. Ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

ومنها الفيل وهو حرام عندنا وعند أبى حنيفة والكوفيين والحسن وأباحه الشعبى وابن شهاب ومالك

Termasuk hewan yang haram dimakan adalah gajah. Gajah adalah haram menurut kami (ulama Syafiiyah), juga menurut Abu Hanifah, ulama Kufah, dan Imam Al-Hasan. Sementara Imam Al-Sya’bi, Ibnu Syihab, dan Malik membolehkannya.

4 KOMENTAR

  1. Semua hewan atau binatang buas,bertaring yang sudah disabdakan Rasulullah adalah haram.kalau ada ulama atau kiayai berpendapat halal termasuk siaah bukan Islam kaffaa. Dalilnya di buat buat.

  2. Dan satu minggu yg lalu aku bertemu dengan orang yang memakan gajah di instagram dan meghina saya krn katanya itu kuliner sedangkan selain memakan hewan buas adalah haram hewan gajah sudah mulai dilindungi….

  3. Emng gajah memakai gadingnya buat menangkap mangsanya yah? Bukannya yg diharamkan itu hewan darat yg memiliki taring dan cakar untuk menangkap mangsanya? Kan gajah tidak begitu, kalo menurut ulama mekkah dan madinah sih halal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here