Hukum Makan Daging Burung Bangau, Apakah Halal?

1
32

BincangSyariah.Com – Di sebagian daerah, banyak masyarakat yang mengonsumsi burung bangau. Bahkan burung bangau dijadikan sebagai ciri khas makanan daerah tertentu. Menurut para ulama, sebenarnya bagaimana hukum makan daging burung bangau ini, apakah halal?

Dalam kitab-kitab fiqih, burung bangau disebut dengan laqlaq. Menurut pendapat yang shahih di kalangan ulama Syafiiyah, burung bangau termasuk hewan yang tidak boleh dikonsumsi. Meski burung bangau termasuk jenis burung air, namun ulama Syafiiyah cenderung mengharamkan mengkonsumsinya.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab berikut;

واللقلق حرام على اصح الوجهين

Hukum makan daging burung bangau itu haram menurut dua pendapat yang paling shahih.

Juga disebutkan oleh Imam Al-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

فَرْعٌ: قَالَ الرافعى اطلق مطلقون الْقَوْلَ بِحِلِّ طَيْرِ الْمَاءِ وَكُلُّهَا حَلَالٌ إلَّا اللَّقْلَقَ فَفِيهِ خِلَافٌ سَبَقَ قَالَ وَقَالَ الصَّيْمَرِيُّ لَا يُؤْكَلُ طَيْرُ الْمَاءِ الْأَبْيَضُ لِخُبْثِ لَحْمِهِ

Cabang: Imam Al-Rafi’i berkata: Para ulama memutlakkan kehalalan burung air bahkan semua jenis burung air hukumnya halal kecuali burung bangau. Para ulama berbeda pendapat mengenai burung bangau, sebagaimana penjelasan di depan. Imam Al-Shamairi berkata; Jenis burung air yang berwarna putih tidak boleh dimakan karena dagingnya menjijikkan.

Dalam kitab Raudhatut Thalibin juga disebutkan sebagai berikut;

فَرْعٌ أَطْلَقَ مُطْلِقُونَ الْقَوْلَ بِحِلِّ طَيْرِ الْمَاءِ، فَكُلُّهَا حَلَالٌ، إِلَّا اللَّقْلَقَ، فَفِيهِ خِلَافٌ سَبَقَ. وَحُكِيَ عَنِ الصَّيْمَرِيِّ: أَنَّهُ لَا يُؤْكَلُ لَحْمُ طَيْرِ الْمَاءِ الْأَبْيَضِ، لِخُبْثِ لَحْمِهَا.

Cabang: Para ulama memutlakkan kehalalan burung air bahkan semua jenis burung air hukumnya halal kecuali burung bangau. Para ulama berbeda pendapat mengenai burung bangau, sebagaimana penjelasan di depan. Imam Al-Shamairi berkata; Jenis burung air yang berwarna putih tidak boleh dimakan karena dagingnya menjijikkan.

Dengan demikian, meski burung bangau termasuk jenis burung air, namun menurut pendapat yang shahih di kalangan ulama Syafiiyah, hukumnya haram dimakan. Mereka mengatakan bahwa semua jenis burung air hukumnya halal dikonsumsi kecuali burung bangau karena ia menjijikkan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Mughnil Muhtaj berikut;

جميع طيور الماء حلال لأنها من الطيبات إلا اللقلق وهو طير طويل العنق يأكل الخبائث ويصف فلا يحل لاستخباثه

Semua burung air hukumnya halal karena ia termasuk hewan yang baik untuk dikonsumsi kecuali burung bangau. Ia adalah burung yang memiliki leher yang panjang, makan makanan yang menjijikkan dan berbaris. Ia tidak halal karena menjijikkan.

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here