Hukum Makan Daging Ayam yang Sudah Bau, Apakah Boleh?

0
889

BincangSyariah.Com – Ketika kita beli daging ayam di pasar, terkadang kita mendapatkan daging ayam tersebut sudah bau. Tentu kita mengetahui hal itu setelah kita sampai di rumah karena kita tentu menginginkan daging ayam yang masih segar dan bagus. Lantas bagaimana hukum makan daging ayam yang sudah bau, apakah boleh?

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama mengenai hukum makan daging yang sudah bau karena hampir busuk atau sudah busuk. Menurut sebagian ulama, makan daging yang sudah bau atau sudah busuk hukumnya makruh jika tidak membahayakan. Namun jika membahayakan, maka hukumnya haram, tidak boleh dimakan atau dikonsumsi.

Hal ini bukan hanya berlaku pada daging hewan, namun juga berlaku pada ikan. Jika bangkai ikan sudah busuk namun tidak membahayakan jika dimakan, maka hukumnya makruh dimakan. Namun jika membahayakan, maka haram dimakan.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

يكره أكل ما أنتن، أي تغير من السمك، ومحل الكراهة إن لم يضر، وإلا حرم. (قوله: كاللحم) أي كما يكره أكل المنتن من لحم غير السمك

Makruh makan ikan yang sudah busuk, artinya yang sudah berubah menjadi busuk. Hukum makruh ini jika tidak membahayakan, namun jika membahayakan maka hukumnya haram. Hal ini sebagaimana makruh makan daging selain ikan yang sudah busuk.

Sementara menurut sebagian ulama yang lain, makan daging yang sudah bau atau sudah busuk, baik daging ayam, daging kambing, dan daging hewan lainnya, hukumnya haram, baik membahayakan atau tidak. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Hawi fi Fiqhisy Syafi’i berikut;

وأكل اللحم إذا نتن يحرم

Dan makan daging jika sudah busuk hukumnya adalah haram.

Dalil yang dijadikan dasar keharaman makan daging yang sudah busuk adalah hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Tsa’labah, dari Nabi Saw bersabda;

Baca Juga :  Bolehkah Makan Anak Lebah untuk Obat?

إِذَا رَمَيْتَ بِسَهْمِكَ فَغَابَ عَنْكَ فَأَدْرَكْتَهُ فَكُلْهُ مَا لَمْ يُنْتِنْ

Apabila engkau melepaskan panahmu, lalu buruanmu lenyap dari pandanganmu, setelah itu dapat ditemukan, makanlah selama belum busuk.

Dengan demikian, jika daging ayam atau hewan lainnya sudah bau atau busuk, maka sebaiknya dibuang saja, tidak perlu dimakan. Meski sebagian ulama ada yang membolehkan jika tidak membahayakan, namun hal itu tetap tidak baik bagi kesehatan untuk dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here