Hukum Laki-Laki Memakai Kalung Perak

0
12

BincangSyariah.Com – Para ulama telah sepakat bahwa laki-laki tidak boleh memakai perhiasan yang terbuat dari emas, seperti kalung. Namun bagaimana jika kalung tersebut terbuat dari perak, apakah boleh bagi laki-laki memakai kalung perak?

Para ulama berbeda pendapat terkait hukum laki-laki memakai perhiasan yang terbuat dari perak selain cincin, seperti kalung, gelang dan lainnya. Setidaknya, ada dua pendapat dalam masalah ini.

Pertama, haram bagi laki-laki memakai perhiasan yang terbuat dari perak selain cincin. Ini adalah pendapat yang lebih shahih dan diikuti oleh kebanyakan para ulama. Menurut pendapat ini, laki-laki haram memakai kalung, gelang dan lainnya yang terbuat dari perak.

Adapun cincin yang terbuat dari perak, maka para ulama sepakat bahwa hal itu boleh dipakai oleh laki-laki. Hal ini karena Rasulullah Saw pernah membuat cincin yang terbuat dari perak dan kemudian cincin tersebut dikirim bersama suatu surat ke salah satu penguasa. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى جَوَازِ تَخَتُّمِ الرَّجُل بِخَاتَمِ الْفِضَّةِ، لِمَا رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال: أَرَادَ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَكْتُبَ إِلَى بَعْضِ الأْعَاجِمِ، فَقِيل لَهُ: إِنَّهُمْ لاَ يَقْرَءُونَ كِتَابًا إِلاَّ بِخَاتَمٍ، فَاِتَّخَذَ خَاتَمًا مِنْ فِضَّةٍ وَنَقَشَ فِيهِ: مُحَمَّدٌ رَسُول اللَّهِ

Ulama fiqih sepakat bahwa boleh bagi laki-laki memakai cincin yang terbuat dari perak. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Abu Dawud dari Anas bin Malik, dia berkata; Rasulullah Saw hendak mengirim surat kepada salah satu penguasa non-Arab. Kemudian ada sahabat yang berkata kepad beliau; Mereka tidak akan membaca surat tanpa disertai sebuah cincin. Lalu beliau membuat cincin dari perak dan menuliskan; Muhammadur rosulullah.

Kedua, boleh bagi laki memakai perhiasan yang terbuat dari perak, baik berupa kalung, cincin, dan lainnya. Ini adalah pendapat Imam Al-Ghazali dan Imam Al-Mutawalli. Menurut mereka berdua, laki-laki boleh memakai perhiasan dari perak, baik berupa kalung dan lainnya.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

قال أصحابنا يجوز للرجل خاتم الفضة بالاجماع وأما ما سواه من حلي الفضة كالسوار والمدملج والطوق ونحوها فقطع الجمهور بتحريمها وقال المتولي والغزالي في الفتاوى يجوز

Ulama kami berkata; Boleh bagi laki-laki memakai cincin perak dengan kesepakatan para ulama. Adapun selain cincin dari semua perhiasan yang terbuat dari perak, seperti gelang tangan, gelang lengan, kalung dan semacamnya, maka kebanyakan ulama mengharamkannya. Sementara Imam Al-Mutawalli dan Imam Al-Ghazali dalam kitab Al-Fatawa membolehkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here