Hukum Laki-laki Memakai Cincin Batu Akik Lebih dari Satu

0
50

BincangSyariah.Com – Sebagian kaum laki-laki gemar memakai cincin batu akik. Terkadang tidak cukup hanya satu, ada sebagian yang memakai dua sampai tiga cincin batu akik sekaligus di jari-jarinya. Yang lebih ekstrim lagi, ada yang sampai jari-jari tangan kanan dan kirinya penuh dengan cincin batu akik mulai dari jempol hingga kelingking. Sebenarnya, bagaimana hukum laki-laki memakai cincin batu akik lebih dari satu?

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama mengenai hukum laki-laki memakai lebih dari satu cincin. Menurut ulama Malikiyah, laki-laki tidak boleh memakai lebih dari satu cincin, baik cincin perak maupun batu akik. Jika lebih dari satu, maka hukumnya haram.

Sementara di kalangan ulama Syafiiyah terdapat dua pendapat. Pendapat pertama tidak boleh memakai lebih dari satu cincin. Pendapat kedua dan ini merupakan pendapat lebih yang kuat, laki-laki boleh memakai cincin lebih dari satu, selama tidak menyebabkan pemborosan dan berlebih-lebihan.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي حُكْمِ تَعَدُّدِ خَوَاتِمِ الرَّجُل:فَنَصَّ الْمَالِكِيَّةُ عَلَى أَنَّهُ لاَ يُبَاحُ لِلرَّجُل أَكْثَرُمِنْ خَاتَمٍ وَاحِدٍ، فَإِنْ تَعَدَّدَ الْخَاتَمُ حَرُمَ وَلَوْ كَانَ فِي حُدُودِ الْوَزْنِ الْمُبَاحِ شَرْعًا)وَاخْتَلَفَ فُقَهَاءُ الشَّافِعِيَّةِ فِي تَعَدُّدِ الْخَاتَمِ، وَنَقَل صَاحِبُ مُغْنِي الْمُحْتَاجِ جَانِبًا مِنْ هَذَا الْخِلاَفِ فِي قَوْلِهِ: وَفِي الرَّوْضَةِ وَأَصْلِهَا: وَلَوْ اتَّخَذَ الرَّجُل خَوَاتِيمَ كَثِيرَةً لِيَلْبَسَ الْوَاحِدَ مِنْهَا بَعْدَ الْوَاحِدِ جَازَ، فَظَاهِرُهُ الْجَوَازُ فِي الاِتِّخَاذِ دُونَ اللُّبْسِ، وَفِيهِ خِلاَفٌ مَشْهُورٌ، وَاَلَّذِي يَنْبَغِي اعْتِمَادُهُ فِيهِ أَنَّهُ جَائِزٌ مَا لَمْ يُؤَدِّ إِلَى سَرَفٍ

Para ulama fiqih berbeda pendapat tentang hukum laki-laki memakai cincin lebih dari satu. Ulama Malikiyah menegaskan bahwa tidak boleh bagi seorang laki-laki memakai lebih dari satu cincin. Jika dia memakai cincin lebih dari satu, hukumnya haram meskipun beratnya kurang dari batas yang ditetapkan syariat. Ulama Syafiiyah berbeda pendapat terkait hukum memakai cincin lebih dari satu. Penulis Mughnil Muhtaj menukil, berangkat dari perbedaan ini, dengan mengatakan; Dalam kitab Al-Raudhah dan kitab asalnya disebutkan; Jika seorang laki-laki membuat banyak cincin dan dia memakainya secara bergantian satu persatu, maka hukumnya boleh. Jelas dari sini bahwa boleh membuat cincin lebih dari satu, bukan memakainya. Dalam masalah ini ada perbedaan yang sudah masyhur dan pendapat yang seharusnya dipegang adalah kebolehan memakai cincin lebih dari satu selama tidak sampai pada pemborosan.

Baca Juga :  Jalan Tercepat Menuju Surga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here