Hukum Jual Beli Kroto Menurut Ulama 4 Mazhab, Apakah Boleh dan Sah?

0
15

BincangSyariah.Com – Kroto merupakan nama untuk menyebut telur atau larva semut rangrang. Sebagian masyarakat ada yang menjual dan membeli kroto ini untuk dijadikan pakan burung. Bagaimana hukum jual beli kroto ini, apakah boleh dan sah?

Menurut para ulama, hukum jual beli kroto dan telur hewan serangga lainnya, itu boleh dan sah asalkan memiliki manfaat. Khusus untuk kroto, biasanya seseorang membelinya untuk dijadikan pakan burung. Karena kroto ini memiliki manfaat yang bisa diambil, maka hukumnya boleh dan sah diperjualbelikan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

اتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى عَدَمِ جَوَازِ بَيْعِ الْحَشَرَاتِ الَّتِي لاَ نَفْعَ فِيهَا، إِذْ يُشْتَرَطُ فِي الْمَبِيعِ أَنْ يَكُونَ مُنْتَفَعًا بِهِ، فَلاَ يَجُوزُ بَيْعُ الْفِئْرَانِ، وَالْحَيَّاتِ وَالْعَقَارِبِ، وَالْخَنَافِسِ، وَالنَّمْل وَنَحْوِهَا، إِذْ لاَ نَفْعَ فِيهَا يُقَابَل بِالْمَال، أَمَّا إِذَا وُجِدَ مِنَ الْحَشَرَاتِ مَا فِيهِ مَنْفَعَةٌ، فَإِنَّهُ يَجُوزُ بَيْعُهُ كَدُودِ الْقَزِّ، حَيْثُ يَخْرُجُ مِنْهُ الْحَرِيرُ الَّذِي هُوَ أَفْخَرُ الْمُلاَبِسِ، وَالنَّحْل حَيْثُ يُنْتِجُ الْعَسَل

Ulama fiqih sepakat bahwa tidak boleh menjual serangga yang sama sekali tidak ada manfaatnya. Ini disyaratkan untuk barang yang dijual harus memiliki manfaat. Sehingga tidak boleh menjual tikus, ular, kalajengking, kumbang ampal, semut, dan lainnya, karena hewan-hewan ini tidak memiliki manfaat yang senilai dengan harta. Adapun jika serangga memiliki manfaat, maka hukumnya boleh dijual, seperti ulat sutra, yang bisa menghasilkan sutra, kain termahal, atau lebah yang bisa menghasilkan madu.

Menjual dan membeli kroto untuk dijadikan pakan burung ini sama seperti menjual atau membeli cacing untuk dijadikan pakan ikan. Menurut ulama Hanabilah, boleh menjual atau membeli cacing dengan tujuan dijadikan umpan ikan.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

وقال الحنابلة: بجواز بيع الديدان لصيد السمك

Ulama Hanabilah berkata bahwa boleh menjual cacing untuk tujuan dijadikan umpan ikan.

Dengan demikian, melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa menjual atau membeli kroto hukumnya boleh dan sah. Selama kroto tersebut memiliki manfaat, baik untuk pengobatan atau dijadikan pakan burung, maka hukumnya boleh diperjualbelikan.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here