Hukum Wudhu Menggunakan Air Zamzam

0
918

BincangSyariah.Com – Ketika berada di Makkah, banyak para jemaah haji yang wudhu dengan air Zamzam. Dalam Islam, bagaimana hukum wudhu menggunakan air Zamzam ini?

Menurut kebanyakan ulama, baik ulama Syafiiyah, Hanafiyah, dan Malikiyah, membolehkan berwudhu dengan menggunakan air Zamzam. Berwudhu dengan air Zamzam dihukumi sah, dan tidak makruh, sebagaimana berwudhu dengan air pada umumnya.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

وأما زمزم فمذهب الجمهور كمذهبنا أنه لا يكره الوضوء والغسل به

Adapun air Zamzam, maka pendapat kebanyakan ulama seperti pendapat ulama kami (ulama Syafiiyah), yaitu tidak makruh berwudhu dan mandi dengannya.

Dalam kitab Al-Mughni, Ibnu Qudamah mengatakan sebagai berikut;

ﻭﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻭﺍﻟﻐﺴﻞ ﺑﻤﺎﺀ ﺯﻣﺰﻡ ﻷﻧﻪ ﻣﺎﺀ ﻃﻬﻮﺭ ﻓﺄﺷﺒﻪ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﻤﻴﺎﻩ

Dan tidak dimakruhkan wudhu dan mandi dengan air Zamzam karena ia adalah air suci dan mensucikan sebagaimana air pada umumnya.

Disebutkan bahwa kebolehan berwudhu dengan air Zamzam sudah menjadi kesepakatan semua ulama empat mazhab, ulama Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah dan Hanabilah. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah berikut;

حُكم التطهُّر بماء زمزم يجوز الوضوء والغُسل بماء زمزم، وهو ما اتَّفقت عليه المذاهب الفقهيَّة الأربعة: الحنفيَّة ، والمالكيَّة ، والشافعيَّة ، والحنابلة ، وحُكيَ الإجماع على ذلك .

Hukum bersuci dengan air Zamzam, boleh berwudhu dan mandi dengan air Zamzam. Ini yang disepakati oleh ulama empat mazhab, ulama Hanafiyah, Malikiyah, Syafiiyah dan Hanabilah. Bahkan hal itu disebutkan sudah menjadi kesepakatan para ulama.

Meskipun kebanyakan ulama membolehkan berwudhu dengan air Zamzam, namun menurut Imam Ahmad hal itu makruh. Menurut beliau, berwudhu, mandi dan menghilangkan najis dengan air Zamzam hukumnya makruh. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah berikut;

Baca Juga :  Mimisan Ketika Shalat, Apakah Shalat Batal?

ذَهَبَ أَحْمَدُ فِي رِوَايَةٍ إِلَى كَرَاهَةِ اسْتِعْمَالِهِ مُطْلَقًا أَيْ فِي إِزَالَةِ الْحَدَثِ وَالنَّجَسِ

Imam Ahmad dalam satu riwayat memakruhkan menggunakan air Zamzam secara mutlak, baik untuk menghilangkan hadas maupun najis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here