Hukum Bermain Mobile Legend dalam Islam

0
46

BincangSyariah.Com – Saat ini banyak di kalangan anak muda yang menggandrungi permainan mobile legend yang dimainkan melalui smartphone. Permainan ini dimainkan secara langsung dengan teman atau orang lain. Sebenarnya, bagaimana hukum bermain mobile legend dalam Islam?

Pada dasarnya, hukum asal permainan dalam Islam hukumnya adalah mubah atau boleh. Selama tidak ada dalil yang melarang dan di dalamnya tidak ada unsur yang diharamkan dalam syariat, seperti ada unsur perjudian dan lainnya, maka jenis permainan apapun hukumnya diperbolehkan.

Ini sesuai dengan kaidah fiqih berikut;

الْأَصْلُ فِي الْأَشْيَاءِ اْلإِبَاحَةُ إِلَّا مَا دَلَّ الدَّلِيْلُ عَلَي تَحْرِيْمِهِ

Hukum asal segala sesuatu adalah mubah atau boleh sampai ada dalil yang menunjukkan keharamannya.

Termasuk permainan yang memiliki hukum mubah adalah bermain mobile legend. Selama tidak berlebihan, tidak sampai melalaikan kewajiban-kewajiban agama, tidak sampai mengumpat dan mengeluarkan kata-kata kotor saat bermain, maka bermain mobile legend hukumnya boleh.

Hal ini karena tidak dapat dipungkiri bahwa jenis permainan ini mengandung beberapa manfaat, seperti meningkatkan kemampuan kognitif atau pikiran, melatih komunikasi dan kerja sama tim, mampu berpikir kritis di bawah tekanan, dan lainnya sebagainya. Menurut para ulama, permainan yang mengasah dan meningkatkan kemampuan pikiran hukumnya adalah boleh, tidak haram.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiatul Jamal ‘ala Al-Minhaj berikut;

وفارق النرد الشطرنج حيث يكره إن خلا عن المال بأن معتمده الحساب الدقيق والفكر الصحيح ففيه تصحيح الفكر ونوع من التدبير ومعتمد النرد الحزر والتخمين المؤدي إلى غاية من السفاهة والحمق قال الرافعي ما حاصله ويقاس بهما ما في معناهما من أنواع اللهو وكل ما اعتمد الفكر والحساب كالمنقلة والسيجة وهي حفر أو خطوط ينقل منها وإليها حصى بالحساب لا يحرم ومحلها في المنقلة إن لم يكن حسابها تبعا لما يخرجه الطاب الآتي وإلا حرمت وكل ما معتمده التخمين يحرم

Perbedaan dadu dan catur, yang mana catur dihukumi makruh bila memang tidak menggunakan uang, adalah bahwa permainan catur berdasarkan perhitungan yang cermat dan olah pikir yang benar. Dalam permainan catur terdapat unsur penggunaan pikiran dan pengaturan strategi yang benar, sedangkan permainan dadu berdasarkan spekulasi yang menyebabkan kebodohan dan kedunguan yang maksimal.

Imam Rafi’i berkata; Hukum dadu dan catur tersebut bisa dianalogikan pada semua bentuk permainan. Segala permainan yang berdasarkan hitung-hitungan dan pikiran seperti alminqolat dan assijah (jenis permainan di Arab), yakni permainan dengan membentuk garis dan lobang-lobang untuk mengisi bebatuan yang di lakukan dengan perhitungan tersendiri, hukumnya tidak haram. Sedangkan semua jenis permainan yang berdasarkan spekulasi, hukumnya haram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here