Hukum Bercelak Selain Warna Hitam, Apakah Boleh?

0
9

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa umumnya celak berwarna hitam. Namun saat ini banyak dijumpai jenis celak yang memiliki banyak warna, seperti warna putih, gold, hijau muda, seperti celak pensil waterproof. Bagaimana hukum bercelak selain warna hitam, apakah boleh? (Baca: Apakah Sah Wudhu Pemakai Make Up yang Waterproof?)

Memakai celak dengan warna selain warna hitam hukumnya boleh. Tidak masalah memakai celak berwarna putih, gold, hijau muda dan lainnya. Bahkan menurut sebagian ulama, seseorang boleh memakai celak selain warna hitam saat ihram jika dia tidak bermaksud berhias diri. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Kitabul Hajji; Al-‘Urwatul Wustqa berikut;

الاكتحال بكحل غير أسود ولا يقصد به الزينة، ولا بأس به، ولا كفارة عليه بلا اشكال

Bercelak dengan celak selain warna hitam yang tidak dimaksud untuk berhias diri hukumnya tidak masalah, dan dia tidak wajib membayar kafarah.

Hanya saja meskipun bercelak selain warna hitam hukumnya boleh, namun menurut ulama Syafiiyah, memakai celak dari batu hitam atau istmid hukumnya adalah sunnah. Banyak hadis-hadis yang dijadikan dasar mengenai kesunnahan bercelak dengan batu itsmitd atau batu berwarna hitam ini. Di antaranya adalah hadis riwayat Imam Ahmad, dari Abdullah bin Abbas, dia berkata;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْتَحِلُ بِالْإِثْمِدِ كُلَّ لَيْلَةٍ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ وَكَانَ يَكْتَحِلُ فِي كُلِّ عَيْنٍ ثَلَاثَةَ أَمْيَالٍ

Sesungguhnya Nabi  Saw bercelak dengan istmid (batu hitam yang biasa digunakan untuk bercelak), setiap malam tetkala menjelang tidur, dan beliau bercelak tiga kali pada setiap matanya.

Jjuga berdasarkan hadis riwayat dari Sayidina Utsman, sebagaimana disebutkan oleh Abu ‘Ashim dan Al-Thabari berikut;

عليكم بالإثمد فإنه منبتة للشعر مذهبة للقذى مصفاة للبصر

Baca Juga :  Imam Syafi’i; “Pentolan” Mengurai Hadis yang Kusut

Bercelaklah menggunakan itsmid, karena dapat menumbuhkan bulu, menghilangkan kotoran, dan menjernihkan penglihatan.

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Abbas, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

اكْتَحِلُوا بِالإِثْمِدِ فَإِنَّهُ يَجْلُو البَصَرَ وينبت الشعر

Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena  hal itu dapat menjernihkan pandangan mata dan menumbuhkan bulu mata.

Bahan yang dijadikan alat bercelak sebaiknya menggunakan batu itsmid, sebagaimana disebutkan dalam beberapa dalam hadis di atas. Namun jika tidak ada batu itsmid, maka bahan celak lainnya juga tidak masalah.

Batu itsmid hanya merupakan bahan celak terbaik di zaman Nabi Saw, dan bukan satu-satunya bahan celak yang mesti digunakan. Selain batu itsmid, juga boleh digunakan untuk dijadikan bahan celak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here