Hukum Ayah Tiri Menikahi Anak Tirinya, Apakah Boleh?

1
1475

BincangSyariah.Com – Termasuk perkara yang terkadang menjadi pertanyaan di tengah masyarakat adalah hukum pernikahan ayah tiri dengan anak perempuan tirinya. Di suatu daerah, pernikahan antara ayah tiri dengan anak perempuan tirinya pernah terjadi dan menjadi obrolan hangat di tengah masyarakat. Dalam Islam, bagaimana hukum ayah tiri menikahi anak perempuan tirinya, apakah boleh? (Baca: Hukum Berhaji tanpa Mahram bagi Perempuan)

Ayah menikahi anak perempuan tirinya biasanya dilakukan ketika mantan istrinya sudah meninggal. Misalnya, Ahmad menikahi Aisyah yang sudah memiliki anak perempuan bernama Maisaroh dengan suami sebelumnya. Karena Aisyah meninggal, maka Ahmad ingin menikahi Maisaroh, yang merupakan anak perempuan tirinya.

Mengenai hukum ayah tiri menikahi anak perempuan tirinya,  maka para ulama membaginya pada dua bentuk hukum. Jika laki-laki yang berstatus sebagai ayah tersebut sudah pernah berhubungan badan dengan ibu dari anak perempuan tiri tersebut, maka tidak halal baginya menikahi anak perempuan tirinya tersebut. Bahkan ia tidak hanya tidak halal menikahi anak perempuan tiri tersebut, namun juga haram baginya menikahi anak-anak perempuan dari anak-anaknya mantan istrinya tersebut.

Namun jika ketika menikah dengan ibu dari anak perempuan tirinya ia belum pernah menjimaknya, maka halal baginya menikahi anak perempuan tirinya, tentunya dengan catatan ia sudah tidak lagi menjadi suami dari sang ibu, baik karena cerai ataupun karena mati.

Ketentuan hukum ini oleh para ulama didasarkan pada firman Allah dalam Surah  ayat 23 berikut;

وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُمْ مِنْ نِسَائِكُمُ اللَّاتِي دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَإِنْ لَمْ تَكُونُوا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ

(Dan diharamkan bagi kalian menikahi) anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang ada dalam pemeliharaanmu dari istrimu yang telah kalian campuri. Namun bila kalian belum mencampuri istri-istri itu, maka tak mengapa bagi kalian (menikahi anak-anak tiri itu).

Baca Juga :  Tanpa Hadis, Ayat-Ayat Alquran akan Sulit Dipahami

Ayat di atas dengan sangat jelas menyebutkan keharaman menikahi anak perempuan tiri yang ibunya telah dijimak. Namun jika ibu dari anak perempuan tiri belum pernah dijimak sama sekali, maka hukumnya boleh menikah anak perempuan tirinya. Wallahu a’lam bis shawab.

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Gambaran mudah mengenai pernikahan antara anak tiri dan ibu tirinya adalah sebagai berikut; Ahmad memiliki anak laki-laki bernama Zaky dengan istri sebelumnya. Kemudian Ahmad menikah dengan Khadijah. Karena Ahmad sudah berpisah dengan Khadijah, baik karena bercerai atau karena Ahmad meninggal, kemudian Zaky menikahi Khadijah yang merupakan mantan istri ayahnya. (Baca: Hukum Ayah Tiri Menikahi Anak Tirinya, Apakah Boleh?) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here