Hukum Ayah Menyakiti Hati Anak Perempuan dalam Islam

1
1501

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, seorang ayah tidak hanya dituntut untuk menafkahi dan mendidik anak, baik anak laki-laki maupun perempuan, melainkan juga dituntut untuk menghormatinya. Bahkan ayah bisa dianggap durhaka kepada anak-anaknya jika dia menyakiti mereka. Ini sebagaimana disebutkan oleh Husain Anshari dalam kitab Al-Usrah wa Nizhamiha fi Al-Islam berikut;

یَلزَمُ الوالِدَینِ مِن عُقوقِ الوَلَدِ ما یَلزَمُ الوَلَدَ لَهُما مِن العُقوق

Kewajiban orang tua tidak boleh bersikap durhaka kepada anak sama seperti anak tidak boleh bersikap durhaka kepada orang tua.

Oleh karena itu, ayah tidak boleh menyakiti anak-anaknya, terutama terhadap anak perempuan. Jika ayah menyakiti hati anak perempuan – apalagi fisik – tanpa sebab yang dibenarkan secara syariat, maka dia dianggap telah bersikap durhaka kepadanya.

Bahkan terdapat banyak riwayat hadis yang menyebutkan secara khusus keutamaan ayah dan orang tau menghormati dan berbuat baik kepada anak perempuan. Di antaranya adalah hadis Imam Muslim dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku. Anas bin Malik berkata; Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau.

Juga dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Sayidah Aisyah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنِ ابْتُلِىَ مِنَ الْبَنَاتِ بِشَىْءٍ فَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّار

Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka.

Hadis-hadis berisi anjuran untuk senantiasa berbuak baik dan tidak menyakiti anak perempuan. Bahkan Nabi Saw sendiri sangat menyayangi anak perempuan beliau, Sayidah Fatimah, dan beliau sangat murka kepada orang yang ingin menyakiti Fatimah Az-Zahra. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Miswar bin Makhramah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

Baca Juga :  11 Istri Nabi Muhammad Saw ini adalah Janda, Hanya Satu yang Tidak

فَاطِمَةُ بَضْعَةٌ مِنِّي ، فَمَنْ أَغْضَبَهَا أَغْضَبَنِي

Fatimah adalah buah hatiku. Barangsiapa telah menyakitinya, maka dia telah menyakitiku.

Dengan demikian, Islam menganjurkan agar orang tua selalu berbuat baik dan adil kepada anak perempuannya. Tidak boleh menyakiti anak perempuan dalam Islam tanpa ada sebab yang dibenarkan dalam syariat. Jika sengaja menyakiti tanpa sebab yang dibenarkan, maka hal itu termasuk bagian sikap durhaka yang dilarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here