Hukum Akikah dengan Kambing yang Dikebiri

0
39

BincangSyariah.Com – Ketika kita hendak menyembelih kambing untuk akikah, baik untuk akikah diri sendiri, maupun anak, kita boleh memilih antara kambing jantan dan betina. Kedua jenis kelamin sama-sama boleh dan mencukupi untuk dijadikan akikah. Namun bagaimana hukum akikah dengan kambing yang dikebiri, apakah boleh?

Akikah dengan kambing yang dikebiri hukumnya boleh dan sah. Setiap kambing yang boleh dan sah dijadikan kurban, maka ia juga boleh dan sah dijadikan akikah. Karena kambing yang dikebiri boleh dan sah dijadikan kurban, maka ia juga boleh dan sah dijadikan akikah.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ sebagai berikut;

يجزئ الموجوء والخصي كذا قطع به الاصحاب وهو الصواب

Mencukupi berkurban dengan hewan yang putus pelirnya dan dikebiri, demikian keputusan para ulama Syafiiyah dan inilah pendapat yang benar.

Di antara alasan mengapa kambing yang dikebiri boleh dijadikan kurban dan akikah karena kambing yang dikebiri dagingnya lebih bagus dan lebih gemuk. Sehingga pelir yang hilang akibat dikebiri bisa tergantikan dengan banyaknya daging dan lemak. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

الخصي وإنما أجزأ، لأن ما ذهب بخصائه يعوض بما يؤدي إليه من كثرة لحمه وشحمه

Hewan yang dikebiri boleh untuk dijadikan kurban karena biji yang hilang darinya digantikan oleh banyaknya daging dan lemak.

Menurut para ulama, tidak masalah berakikah dengan kambing yang telah dikebiri, bahkan juga boleh berakikah dengan kambing yang memiliki jenis kelamin ganda maupun tidak memiliki jenis kelamin sama sekali. Hal ini karena baik kurban maupun akikah, tidak ada syarat kambing yang disembelih harus berjenis kelamin jantan atau betina. Semua kambing, apapun jenis kelaminnya, hukumnya boleh dijadikan kurban dan akikah.

Baca Juga :  M. Quraish Shihab: Ciptakan di Bumi Bayang-Bayang Surga

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Nasai dari Ummu Kurz, dia berkata bahwa dia mendengar Nabi Saw bersabda;

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا

Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak masalah bagi kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here