Hadis Mengenai Hujan yang Turun Siang dan Malam

3
2509

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah keterangan disebutkan bahwa sebenarnya Allah itu menurunkan hujan siang dan malam setiap hari. Hanya saja, Allah membagi hujan itu sesuai kehendak-Nya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat dari al-Mutallib bin Hanthab, salah seorang tabiin. (Baca: Doa Saat Hujan Besar Turun Agar Tidak Terjadi Musibah)

مَا مِنْ لَيْلٍ وَلاَ نَهَارٍ إِلاَّ وَالسَّمَاءُ تمطر فيها ويصرفه الله حَيْثُ شَاءَ

Siang dan malam hujan itu pasti turun. Namun Allah menurunkan sesuai kehendak-Nya.

Menurut Imam al-Rafii, sebagaimana dikutip al-Munawi dalam Faidhul Qadir, hujan itu turun siang dan malam. Namun Allah menurunkannya sesuai kehendak-Nya, di laut ataupun di darat. Terkadang hujan turun tak sesuai musimnya, namun juga terkadang hujan turun sesuai musimnya.

وعن ابن عباس ما من عام أقل مطرا من عام ولكن الله قسم ذلك بين عباده على ما شاء

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, setiap tahun hujan turun tidak lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Allah itu membagi hujan di antara hamba-hamba-Nya sesuai kehendak-Nya.

وروى أن الملائكة يعرفون عدد المطر وقدره كل عام لأنه لا يختلف لكن تختلف فيه البلاد

Diriwayatkan bahwa para malaikat itu mengetahui jumlah butiran hujan dan kadar turunnya pada setiap tahun. Ini karena butiran hujan yang turun tidak pernah berbeda, hanya saja jumlah butiran hujan yang itu di setiap daerah berbeda-beda.

Baca Juga :  Hukum Transaksi Menggunakan Go-Pay dan Ovo, Benarkah Mengandung Riba?

3 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Pada musim hujan, banyak daerah di Indonesia yang terkena banjir, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Ketika banjir melanda, banyak harta benda milik warga yang terbawa arus tsunami dan banjir tersebut. Pada umumnya, harta benda yang terbawa arus banjir ini sudah tidak ditemukan pemiliknya. Oleh karena itu, halalkah mengambil barang yang hanyut terbawa banjir tersebut? (Hadis Mengenai Hujan yang Turun Siang dan Malam) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here