Ketum PBNU: Hormatilah Habaib, Termasuk Habib Rizieq

12
5723

BincangSyariah.Com – Habib Rizieq merupakan deklalator dan tokoh penting Front Pembela Islam (FPI). Habib alumni Universitas King Saud, Arab Saudi ini seringkali mengkritik pemerintah dari masa ke masa. Bahkan Habib Rizieq pun pernah ditahan karena dianggap menghina Kepolisian Negara Republik Indonesia lewat dialog di stasiun televisi SCTV dan Trans TV. Ia divonis 7 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 29 Juli 2003. Ini terjadi pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri.

Pada masa pemerintahan Presiden SBY, Habib Rizieq juga pernah menjadi terpidana. Habib Rizieq ditangkap dan ditahan karena menjadi tersangka kasus rusuh 1 Juni 2008. Habib Rizieq dinilai sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas serangan massa FPI kepada massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragam dan Berkeyakinan (AKKBB).

Walaupun Habib Rizieq seringkali melakukan tindakan kontroversial, kita sebagai Muslim Ahlus Sunnah wal Jamaal harus tetap menghormatinya sebagai habaib. Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak kita untuk menghormati habaib.

“Allah mengatakan ke Nabi Muhammad: Muhammad, saya tidak mau imbalan, satu yang saya minta adalah cintailah keturunanmu,” kata kiai Cirebon yang menerjemahkan salah satu ayat dalam Al Quran Surat Asy-Syura, Rabu (30/10), sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Selain itu, Kiai Said menasihati umat Muslim untuk saling berkasih sayang ke sesama, termasuk Imam Besar FPI.

“Dari sisi ukhuwah islamiyah, persaudaraan keislaman, maka kami berpendapat bahwa saudara kami al Habib Muhammad Rizieq bin Shihab berhak untuk pulang dan kembali ke Indonesia, itu yang perlu saya sampaikan,” katanya.

Pernyataan itu direkam dalam sebuah video yang beredar viral di YouTube. Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menegaskan pernyataan Isfah tidak mewakili lembaga. Melainkan hanya pandangan pribadinya saja.

Baca Juga :  Bumi pun Heran Melihat Tingkah Dua Orang Ini

Habib Rizieq sampai hari ini masih berada di luar negeri. Pada 27 Maret 2017 dia terbang ke Makkah, Arab Saudi, menjalani ibadah umrah. Sejak saat itu Rizieq tak pernah lagi kembali ke Indonesia.

12 KOMENTAR

  1. menghormati kepada sesuatu dengan cara yg sesuai dg sesuatu itu.. misal menghormati anjing galak dan ular berbisa, harus dg cara membunuhnya

  2. Alhamdulillah pak said aqil atas seruannya. Itulah kehebatan ulama besar selalu berbuat baik dan berucap santu. Semoga Rizieq Shihab bisa meneladani sifat2 tsb. Semoga tutur kata rizieq shihab akan santun dan perbuatannya bisa diteladani oleh umatnya sehingga bisa menciptakan kesejukan dalam hidup beragama.aamiin …mohon maaf jika salah.

  3. sebenarnya gmn sih masyarakat timur tengah yg mrupkn sumber dienul islam mmposiskn dzuriat dlm tnd petik.y sbgai referensi aj.

  4. CARI SUMBER YG VALID BIAR GAK NYASARKAN UMAT . . KAPAN KALAM YA HABIBI PERTAMA KELUAR . DR MANA . TUK SIAPA DAN KENAPA . PERISTIWA APA . DAN YG PALING PENTING TDK DI AJARKAN TUK MEMYEMBAH SESAMA MAHLUQ . TP CONTOHLAH AHLAQ YG MULIA . SESUAI AJARAN RASUL . STOPP JAHILIYAH DI ERA DIGITALISASI

  5. Ahlaq yg mulialah Yg di ajarkan Beliau Rasulallah . Beliau tdk pernah mengajarkan nyembah sesama mahluq. DR SIAPA DAN KEPADA SIAPA . TUK SIAPA DI MANA KALAM YA HABIBI PERTAMA ITU KELUAR .

  6. Wajib menghormati dn menghargai sesama manusia,.. Siapapun jika baik wajib kita hormati tidak harus itu habaib,.. Semua sama dn tidak perlu terlalu mengistimewakan habaib

  7. Bukan suatu masalah karena rakyat Indonesia sdh terbiasa menyesuaikan diri dari situasi dan kondisi apapun,ini artinya otak kita tdk bermasalah dan tidak perlu ke dokter kejiwaan.dan HRS lah yg musti menemui dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here