Hikmah Pagi: Uwais al-Qarni, Orang Islam Pertama yang Dianggap Gila

0
2356

BincangSyariah.Com – Mungkin di antara kita sudah banyak yang mendengar nama tersohor ini yang terkenal dengan julukan manusia langit karena baktinya kepada ibundanya. Tapi, lebih dari itu ada cerita yang panjang nan menarik dari sosok Uwais al-Qarny yang diceritakan dalam buku ‘Uqola al-Majaaniin’.

Uwais ibn Abi Uwais adalah orang yang pertama kali dijuluki gila dalam Islam. Kisahnya yang cukup terkenal didapatkan dari kakek Abu Qashim an-Naisaburi (W. 406 H) sang pengarang buku yaitu al-Hasan Ibn Ja’far dengan sanad yang bersambung sampai kepada Sa’id Ibn Musayyab ada yang membaca (Musayyib) (W. 94 H) beliau mengatakan, suatu ketika Umar Ibn Khattab (W. 23 H) berada di atas mimbar di Mina dan menyeru, Wahai penduduk Qaran! Para Syekh berdiri dan menjawab, Ya kami di sini Wahai Amirul Mukminin!, Apakah di Qaran ada orang yang namanya Uwais? Salah seorang di antara mereka menjawab, “di antara kami tidak ada yang bernama Uwais kecuali orang gila yang berda di padang pasir yang tidak bergaul dengan masyarakat.”

Umar mengatakan, dialah orang yang saya maksudkan. Apabila kalian sampai Qaran carilah dia dan sampaikan salamku kepadanya. Sampaikan kepadanya, ‘sesungguhnya Rasulullah telah telah memberi kabar gembira tentangnya dan memerintahkan saya untuk menyampaikan kabar salam beliau kepadanya’.

Sa’id Ibn Musayyab mengatakan, kemudian orang-orang tersebut kembali ke Qaran dan mencari Uwais al-Qarny dan menemukannya di atas pasir dan kerikil. Mereka menyampaikan salam Umar Ibn Khattab kepadanya juga salam baginda Rasulullah; lalu ia kemudian pergi begitu saja entah ke mana, tanpa ada kabar juga jejaknya dalam kurun waktu yang sangat lama. Kemudian beliau tiba-tiba muncul kembali di masa kekhilafahan ‘Ali Ibn Abi Thalib (W. 40 H), untuk membela Ali dalam perang Shiffin. Orang-orang yang menyaksikan Uwaisy terkena lebih dari empat puluh luka, sabetan juga panahan sehingga beliau gugur dalam peperangan. (Lihat: ‘Uqolaau al-Majaaniin, h.94-95).

Baca Juga :  Teks Lengkap Rekomendasi Rembug Budaya di #HaulGusDur2019

Masih cukup panjang cerita menarik dari ‘Uwaisy al-Qarny, insya Allah kita lanjutkan pada hikmah pagi berikutnya.

Semoga kita dikumpulkan dengan orang-orang saleh. Aamien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here