Hikmah Pagi: Tidak Akan Merugi Orang yang Senantiasa Menebar Kebaikan

0
520

BincangSyariah.Com – Kebaikan yang ditanam akan melahirkan kebaikan dimana saja ia berada, karena kebaikan seseorang boleh jadi akan dilalaikan manusia tapi tidak dengan Allah, akan dicatat sebagai amal pemberat. Sebagaimana uangkapan sebuah syair,

مَنْ يَفْعَلُ الخَيْرَ لاَ يُعْدَم جَوازه ** لاَ يَذْهَبُ العُرْفُ بَيْنَ اللهِ وَالنَّاسِ

Barangsiapa yang berbuat kebaikan, dia akan mendapatkan balasannya ** kebaikan tidak akan hilang dihadapan Allah maupun manusia.

Jangan tunggu ucapan terima kasih dari orang lain, ketika berbuat kebaikan! Seorang bijak mengatakan,

Siapa yang menunggu ucapan terimaksih dari orang lain maka ia telah memperlambat balasan dari Allah.

‘Amr bin ‘Ash berkata, “dalam segala sesuatu itu terdapat pemborosan kecuali berakhlak , berbuat baik atau memperlihatkan sikap yang mulia.”

Seorang ulama mengatakan, “seorang berbuat baik tidak akan terjerumus, dan jika ia terjatuh akan ada yang selalu mengangkatnya”. (Lihat: Sahirul Layali Fi Riyadlil Jannah, Hal: 164).

Ada seorang datang ke Hasan Bin Sinan meminta bantuan, maka ia perhatikan wanita yang meminta bantuan tersebut sangat cantik, maka ia berkata kepada pembantunya, “berikan ia uang empat ribu dirham”!

Pembantunya menjawab, “ engkau memberinya uang sebesar itu, padahal cukup engkau beri satu atau dua dirham saja.”

Beliau menjawab, saya melihat kecantikannya; saya tahu akan banyak orang yang tama’dan saya takut kalau dia terjerumus ke dalam kemaksiatan kepada allah, saya ingin membuat dia berkecukupan sehingga ada yang ingin menikah dengannya, dan dia bisa terjaga kehormatanya.

Kebaikan siapapun bisa mencegah seseorang dari perbuatan tercelah bahkan dari perbuatan kemaksiatan yang dimurkai oleh Allah.

Semoga Allah menjadikan kita manusia yang senantiasa menebar kebaikan dimana saja kita berada Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Hati Oh Hati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here