Hikmah Pagi: Siapa Yang Paling Beruntung Hidupnya?

0
1119

BincangSyariah.Com – Pada suatu hari al-Fath bin Khaqan menemui Khalifah Al-Mutawakil yang sedang termenung berpikir, kemudian beliau bertanya apa yang engkau pikirkan wahai Amirul Mukminin?

Khalifah menjwab, Saya memikirkan siapa orang yang paling baik hidup dimuka bumi ini? Fath menyahut “Engkaulah orang yang paling baik hidupnya dan paling banyak nikmat yang diberikan!”

Khalifa menjawab, bukanlah saya orangnya. tetapi orang yang paling baik hidupnya adalah orang yang mempuyai rumah yang luas, istri yang salihah, anak –anak yang salih, dan rezeki yang cukup.

Bukankah Rasulullah bersabda empat bagian dari kebahagian : istri yang salihah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang salih tunggangan atau kendaran yang baik. (H.R. Al-Hakim dalam Mustadraknya, Jilid: 3/220).

Salah seorang bijak berkata: “kalaulah para penguasa mengetahui apa yang kita rasakan dari kebahagian tentulah mereka akan membunuh kita dengan pedangnya“.

Ada perbedaan yang sangat besar antara kesuksesan dan kebahagian. Kesuksesan adalah kita mendapatkan apa yang kita mau, sedangkan kebahagiaan kita menginginkan apa yang menguntungkan untuk kita.

Oscar Wilde mengatakan: “ tidak disebut kebahagian kecuali kebahagian itu dirasakan oleh orang lebih dari satu, dan tidak dikatakan sakit kalau sakit itu di tanggung oleh seorang saja, karena kebahagiaan itu adalah jika kita mampu membahagiakna orang lain.”

Seseorang Ulama’ berkata: “paling besar kebahagian yang saya rasakan ketika saya beramal baik dan secara tersembunyi, kemudian saya melihat manfaatnya secara tiba tiba.” (Lihat: Sahirul Layali Fi Riyadlil Jannah, Hal: 196-197).

Semoga Allah menjaga kita semuanya dan Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang beruntung Aamien Allahumma Aamien, Al-Faqir Ila Allah, ZA.

Baca Juga :  Asal Usul Syair Tombo Hati, Ternyata dari Kitab Kuning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here