Hikmah Pagi: Kisah Indah Laits Ibn Sa’ad

0
254

BincangSyariah.Com – Suatu ketika ada seorang perempuan meminta kepada Laits bin Sa’ad (w. 175 H) agar ia memberikan sedikit madunya, lalu Imam Laits memberikan satu wadah dari madu tersebut.

Al-Laist ditanya, mengapa engkau memberikan semua madu ini, padahal ia hanya meminta sebagian saja dari madumu.

Beliau menjawab: “Ia meminta sesuai dengan kebutuhannya, sedangkan kita memberinya sesuai nikmat yang telah di berikan Allah kepada kita”.

Maka jika engkau mempunyai kelebihan jangan lupakan wejangan Rasulullah beliau bersabda:

لاَ يَنْقُصُ مَالٌ مِنْ صَدَقَةٍ فَتَصَدَّقُوا

Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, maka bersedekahlah. (HR. Abu Ya’la dan Imam Ahmad dalam Ithaful Khiroh Muhirroh, Jilid: 3/6).

Yang mengharuhkan lagi ketika suatu hari Ali bin Abi Thalib menangis, lalu beliau ditanya apa yang menyebabkan engkau menagis?

لَمْ يَأْتِنِيْ ضَيْفٌ مُنْذُ سَبْعَة أَيَّامٍ فَأَخَافَ أَنْ يَكُوْنَ الله قّدْ أّهَانَنِيْ

“Dalam seminggu ini tidak ada tamu datang ke rumah, saya khawatir kalau Allah menginakan saya”. (Lihat: Imam al-Ghazali, Mukasyafatul Qulub, Hal: 66).

Karena tamu memberikan keberkahan bagi tuan rumahnya.

Maka jangan lupa ketika memberikan sedekah, hendaklah bermuka manis dengan orang yang diberi, jangan bermuka masam.

Semoga dihari jum’at ini kita bisa memberikan sedekah yang paling baik dan jangan lupa memperbanyak membaca shalawat. Semoga Allah menjaga kita semuanya Aamien Allahumma Aamien.

Baca Juga :  Sidang Tanwir Muhammadiyah: Semangat Beragama yang Mencerahkan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here