Hikmah Pagi: Kalam Hikmah

1
571

BincangSyariah.Com – Diriwayatkan bahwa Nabiyullah Isa As. pernah mengatakan, jangan engkau memperbanyak bicara yang tidak bermanfaat kecuali mengingat Allah. Kalau tidak, ia akan menjadikan hatimu keras (susah menerima nasihat dan ingat kepada Allah). Kalau hati sudah keras Allah akan menjauh darinya namun ia tidak akan merasakannya.

Jangan pula engkau selalu melihat dosa atau kesalahan orang lain seakan-akan engkau seorang majikan, maka lihatlah dosa atau kesalahanmu seolah-olah engkau adalah seorang budak; karena manusia ada yang mendapatkan ujian adapula yang mendapatkan kenikmatan. Maka berikanlah kasih sayang kepada orang yang senantiasa mendapatkan musibah, dan pujilah Allah tatkala mendapatkan kenikmatan. (H.R. Malik, lihat: Kitab al-Muwaththo’, j. 2/987).

Luqman al-Hakim mengatakan,

Dua hal yang tidak akan pernah kamu lupakan selamanya: Mengingat Allah dan mengingat kematian. Dua hal yang tidak akan kamu ingat selamanya: kebaikanmu kepada orang lain dan kejahatan orang lain kepadamu. (Sahirul Layali Fi Riyadlil Jannah, h. 376-377).

Agama itu sungguh indah, semoga Allah senantiasa ridlo dan menjaga kita semuanya Aamien Allahumma Aamien.

Baca Juga :  Amalan Supaya Diberikan Keramat dan Panjang Umur

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here