Hikmah Pagi: Jangan Ragu Berbuat Kebaikan

1
411

BincangSyariah.Com – Jika Allah sudah menjanjikan kepada kita terhadap sedekah akan di berikan pahala dengan tujuh ratus kali lipat bahkan tak terbatas sebagaimana yang dikatakan oleh Ibn Hajar al-Haitami, mengapa kita masih ragu- ragu untuk berbuat kebaikan kepada fakir miskin.

Dikisahkan bahwa menteri Al-Mahlabi (W. 352 H), pada awalnya ia seorang yang fakir, ia tidak memiliki sedikitpun kekayaan dunia, akhirnya ia pun memutuskan untuk merantau dalam perjalanan pertamanya ia tidak mendapatkan apa yang ia bisa makan, ia ingin sekali makan daging tapi ia tidak mempunyai uang untuk membeli daging, iapun berkata dalam syairnya,

أَلا مَوْتٌ يُبَاعُ فَأَشْتَرِيهِ *** فَهَذَا العَيْشُ مَا لا خَيْرَ فِيـــــه
أَلا مَوْتٌ لَذِيذُ الطَّعْمِ يَأْتِي*** يُخَلِّصُنِي مِنَ العَيْشِ الكَرِيهِ

Andaikata kematian ada yang menjual, akan saya beli ** tidak pernah saya merasakan kebaikan dalam hidup ini.
Jikalau kematian yang lezat (indah) itu dating ** akan menyelamatkan saya dari kesusahan hidup ini.

Dalam perjalanan itu ada seorang yang menemaninya yaitu Abu Abdullah as-Sufi ketika ia mendengar syair ini. Ia pun membeli daging untuk Al – Mahlabi seharga satu dirham. Daging ini ia masak dan di berikanlah kepadanya. Tidak berapa lama, setelah itu mereka pun berpisah.

Bumi terus berputar hari terus berganti sekarang Mahlabi sudah menjadi menteri khalifah Mui’z Daulah bin Buhaihi di Baghdad, sedangkan temannya tadi Abu Abdullah pada saat ini ia tidak mempunyai satu dirhampun untuk membeli daging. Maka pergilah ia menemui menteri dan ia tulis di secarik kertas sebuah syair,

أَلا قُلْ لِلوَزِيرِ فَدَتْهُ نَفْسِي *** مَقَالَ مُذَكِّرٍ مَا قَدْ نَسِيــــــهِ
أَتَذْكُرُ إِذْ تَقُولُ لِضِيقِ عَيْشٍ: *** أَلا مَوْتٌ يُبَاعُ فَأَشْتَرِيهِ

Baca Juga :  Mengapa Kampus Umum Lebih Rentan Disusupi Radikalisme?

Katakan kepada Pak Menteri, saya menulis perkataan ini secara pribadi ** Mengingatkan beliau yang mungkin beliau lupa.
Saya mengingatkan sebagaimana engkau pernah berkata sangat sempitnya hidup ini ** Andaikan ada kematian pasti saya beli.

Ketika Menteri al-Mahlabi membaca surat ini, ia kembali teringat dengan masa lampaunya disaat ia kelaparan. Ia teringat dengan temanya yang telah membelikan daging ketika ia mau makan daging. Mengalirlah air matanya ia teringat dengan nikmat Allah bagaimana ia bisa menjadi menteri yang sebelumnya ia adalah orang fakir. Maka ia perintahkan untuk memberinya dengan tujuh ratus dirham dan ia tulis di bawah tanda tangannya,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al-Baqarah: 261).

مَنْ يَفْعَلُ الْخَيْرَ لاَ يُعْدَمْ جَوازيَه *** لا يَذهبُ العرفُ بَيْنَ اللهِ وَالنَّاسِ

Barangsiapa berbuat kebaikan, dia akan mendapatkan balasannya ** Kebaikan tidak akan hilang dihadapan Allah dan manusia.

Seorang bijak mengatkan,

“Siapa yang menunggu ucapan terimaksih dari orang lain, maka sesungguhnya ia telah memperlambat balasan dari Allah”. 

“Seseorang yang berbuat baik tidak akan terjerumus dan jika ia terjatuh akan ada yang mengangkatnya”. (Lihat: Sahirul Layali Fi Riyadlil Jannah, Hal: 166-167).

Semoga hari ini kita diberikan keberkahan oleh Allah. Dan, berupaya menebarkan kebaikan dimana saja kita berada. Semoga Allah menjaga kita semuanya Aamien Allahumma Aamien.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here