Hikmah Pagi: Jangan Pernah Putus Asa untuk Sebuah Kemuliaan

1
667

BincangSyariah.Com – Apakah kita mengetahui bagaimana umur seseorang dicuri? Ketika ia lalai pada suatu hari untuk menyiapkan hari esoknya. Kemudian terus seperti itu dalam kelalaian sampai datang ajalnya dan dia tidak memegang satupun bekal kebaikan.

Kita banyak menjumpai peistiwa dihadapan kita, namun sayang kita lupa untuk mengambil pelajaran berharga tersebut. Bahwa berharganya hidup adalah ketika kita memaksimalkannya setiap hari dan setiap waktunya untuk kebaikan.

Kebanyakan kita mengeluhkan keadaan sulit yang menghadang, bahkan terkadang berubi-tubi godaan silih berganti halangan dan rintangan. Padahal kesusahan dan kepedihan adalah pelajaran yang menumbuhkan benih keperkasaan dan ketangkasan. Dan tidaklah akan mendapatkan sebuah kemuliaan melainkan dengan ujian kesusahan dan perjuangan yang panjang. (Lihat: 250 Hikmah Muhammad Ghazali, Hal. 10-12).

Dalam sebuah syair disampaikan,

ومَنْ تكنْ العُلياءُ همةَ نفسهِ ** فكل الذي يلقاهُ فيها مُحبَّبُ

Barang siapa yang menjadikan kemuliaan adalah tujuan *** Maka semua yang ia hadapi dalam mencapainya adalah kesenangan.

Semoga Allah memuliakan kita di dunia dan di akhirat kelak, Amiin.

Baca Juga :  Alasan Allah Menjadikan Manusia sebagai Pemimpin

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Dalam kitab Duru’ul Wiqayah bi Ahzab Al-Himayah, Al-Sayid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani menyebutkan doa hizib Al-‘Izzah atau doa agar mendapatkan kemuliaan. Disebutkan bahwa hizib ini milik Sayidina Ali. Lafadznya adalah sebagai berikut; (Baca: Jangan Pernah Putus Asa untuk Sebuah Kemuliaan) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here