Hikmah Pagi: Cerita Imam Abu Hanifah (W. 150 H)

1
277

BincangSyariah.Com – Diceritakan pada suatu malam ada seseorang laki-laki datang kepada Imam Abu Hanifah. Dia mengajukan pertanyaan, wahai Imam kami pernah menyimpan harta di suatu tempat tertentu, namun kami lupa di mana tempat tersebut sekarang. Apakah anda bisa membantu kami menemukannya?

Imam Abu Hanifah menjawab, ini sebenarnya bukan tugas seorang faqih (ahli fiqih). Kemudian beliau berfikir sejenak, dan menemukan solusinya. Baik kalau begitu, begini solusinya, sekarang kamu pergi shalat mulai sekarang (shalat sunnah) sampai waktu shubuh tiba, insya Allah kamu akan menemukan tempat di mana kamu menyimpan hartamu.

Kemudian laki-laki tersebut langsung melaksanakan perintah Imam Abu Hanifah, tatkala memulai shalat tidak lama setelah itu secara tiba-tiba laki-laki itu ingat tempat ia menyimpan hartanya di tengah-tengah shalatnya. Dengan cepat ia menyelesaikan shalat kemudian mendatangi tempat tersebut, dan ditemukanlah apa yang ia cari.

Pada waktu pagi-pagi sekali laki-laki tersebut datang kepada Imam Abu Hanifah, menyampaikan bahwa sudah ditemukan hartanya dan dia sangat berterima kasih sekali. Kemudian saking penasarannya, laki-laki tersebut bertanya, kok bisa Anda mengetahui, bahwa tatkala saya shalat saya akan mengingat tempat harta tersebut? Imam Abu Hanifah menjawab,

لأني علمت أن الشيطان لن يتركك تصلي، وسيشغلك بتذكر المال عن صلاتك

Karena saya tahu bahwa syaithan tidak akan membiarkanmu meneruskan shalat, sehingga ia mengalihkanmu pikiranmu dari shalat dengan mengingat tempat hartamu itu. ( ‘Indama Yahlu al-Masa’, Hal: 276-277).

Maka begitu beratnya ibadah kepada Allah, godaannya begitu besar. Semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi kita semuanya. Aamien

Baca Juga :  Bolehkah Mengambil Hukum Agama dari Terjemahan Al-Qur'an?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here