Hikmah Pagi: Berupaya Khusyuk Dalam Shalat

0
1238

BincangSyariah.Com – Banyaknya pertanyaan yang masuk baik melalui kajian atau medsos, sehingga kiranya perlu ditulis kiat-kiat berupaya untuk khusyuk dalam shalat, walau ini sangat berat dan merupakan amalan hati. Paling tidak dengan kiat-kiat ini shalat kita bisa menjadi lebih baik.

Jika kita termasuk dari golongan orang-orang yang khusyuk dalam sholat, maka hal itu patut untuk disyukuri karena hal ini adalah nikmat yang sangat luar biasa. Tapi apabila belum khusyuk disebagian sholat kita, maka mari kita berdoa dan berupaya agar mendapatkan nikmat kekhusyuan bersama dengan Allah. Diantara kiat-kiat itu adalah,

  • Jadikan zikir kepada Allah sebagai bagian dari hidup kita setiap hari walau hanya membaca tasbih (Subhanallah), sehingga ketika kita sholat kita dalam keaadaan berdzikir kepadaNya, dan ketika kita keluar dari sholat kita dalam berdzikir kepada-Nya.
  • Berupaya untuk bersegera pergi ke masjid ketika mendengar azan berkumandang, bacalah al-Quran sebelum masuk sholat, berdzikir, dan beristighfar, karena istighfar itu dapat menyebabkan khusyuk dalam sholat.
  • Jika kita berwudu, mari berdoa kepada Allah agar Allah mensucikan diri dan tingkah laku kita dari kotoran kehidupan, seperti mensucikan jasad ini, sehingga kita menghadap Allah dalam kondisi bersih.
  • Jika kita masuk masjid, tinggalkan sejenak di dunia. Ketika kita masuk pintu, jangan ikutkan dunia bersama diri kita masuk masjid (tinggalkan semua aktifitas yang mengganggu aktifitas shalat). Berfikirlah akan pertemuan dengan Allah, maka kita sekarang sedang menghadap Allah.
  • Sholat tahiyyatul masjid, kemudian dua rakaat sholat sunah sebelum sholat wajib. Siapkan diri kita untuk ikut sholat berjama’ah.
  • Jika Imam berkata: “luruskan shaf”, maka ingatlah kita berdiri di shaf pertama berhadapan langsung dengan Allah, dan katakanlah, Ya Allah baguskanlah keberadaan kami di hadapan-Mu.
  • Jika mengucapkan takbir, angkatlah kedua tangan kita, buanglah semua keresahan dunia untuk berberapa menit saja.
  • Berkhayallah kalau sholat ini adalah sholat yang terakhir kita lakukan di dunia ini.
  • Jika kita ruku’ maka sempurnakanlah rukuknya. Dan jika kita sujud, ketahuilah engkau sekarang sangat dekat kepada Allah, maka gunakan kesempatan ini untuk berdoa kepada-Nya.
  • Berusahalah memahami setiap apa yang kita baca ketika shalat. (Lihat: Sahirul Layali Fi Riyadlil Jannah, h. 178-179 dan sebagian ditambahkan penafsiran para ulama’).
Baca Juga :  Apa Makna Khannas dalam Al-Qur'an?

Goresan ini hanya sekedar kiat-kiat saja, kesempurnaan adalah milik Allah. Dan boleh jadi diantara para pembaca ada yang shalatnya sangat khusyu’ dan sangat tenang, karena ketenangan dan kekhusyu’an sangat mahal.

Semoga Allah menjaga kita dan menjadikan kita bagian orang-orang yang beruntung mendapatkan kekhusyu’an dalam shalat Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here