Respon MUI Soal Heboh Rambut Nabi yang Dibawa Opick

1
1095

BincangSyariah.Com – Soal rambut Nabi kembali jadi perbincangan hangat. Ini terjadi setelah penyanyi religi Aunur Rofiq alias Opick mengaku telah mendapatkan warisan rambut Nabi Muhammad Saw.

Opick sebelumnya menggelar jumpa pers di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada Selasa (07/05), ia mendekap tabung berisi kain putih yang menurutnya adalah rambut Nabi. Diketahui Opick baru saja kembali dari Turki untuk mengetahui nasab ahli waris rambut Nabi Muhammad Saw.

Opick mengklaim bahwa rambut yang dibawanya mendapat sertifikasi langsung dari Pemerintah Turki dan Dewan Ulama Thariqah. Penjelasan pun datang dari Dewan Ulama Thariqah Indonesia (DUTI).

Sekretaris DUTI Zubair Ahmad menjelaskan DUTI mendapatkan akta pendirian pada 11 Agustus 2016. Setelah DUTI berdiri sekitar 3 tahun, barulah didirikan Dewan Ulama Thariqah Internasional pada April 2019. Dewan Ulama Thariqah Internasional inilah yang disebut Opick memberikan sertifikat rambut Nabi Muhammad yang dibawanya.

Sementara itu, Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Yunahar Ilyas mengingatkan masyarakat yang heboh dengan yang dibawa Opick, agar tidak terlalu berlebihan.

Yunahar menyampaikan bahwa peninggalan Nabi bagi Umatnya hanya Alquran dan as-Sunnah. Sebagaimana dikatakan Nabi dalam Hadisnya.

“Ya Nabi mengatakan, ‘Aku tidak mewariskan apa-apa kecuali Alquran dan As-Sunnah.’ Yang penting itu bukan rambut atau warisan fisik Nabi, tapi Alquran dan As-Sunnah,” ujar Yunahar Ilyas, Kamis (9/5) sebagaimana dilansir Detik.Com.

Ketua PP Muhammadiyah itu juga mempertanyakan asal-usul yang dibawa Opick dan meminta publik mengkritisi pengakuan Opick.

“Pertanyaannya apakah benar itu rambut Nabi? kalau benar kok bisa dibawa ke Indonesia? Peninggalan Nabi yang ada di Museum Turki tentu tidak bisa dibawa keluar,” pungkasnya.

Baca Juga :  Nabi Muhammmad dan Nilai-nilai Kemanusian yang Diajarkannya

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here