Harta yang Disedekahkan Tak Akan Berkurang

0
2039

BincangSyariah.Com – Logika manusia mengatakan bahwa bilangan sepuluh jika dikurangi tiga akan menjadi tujuh. Namun tidak demikian dengan logika amal shaleh yang diajarkan Allah dalam agama Islam. Formulanya dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala, sedangkan satu maksiat hanya dengan satu dosa.

Yang demikian merupakan cara Alla untuk mengajak manusia untuk terus beramal shaleh. Dalam ayat-Nya disebutkan:

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)

Salah satu beramal saleh yang sering dianggap sebagai pengurangan dalam jumlahnya adalah memberi. Memberi sedekah uang, waktu, pengetahuan atau apapun yang bisa dibagikan dan bermanfaat bagi orang lain. Sedekah tersebut tidak akan mengurangi apapun, kecuali akan dihilangkannya marabahaya di esok hari.

Secara indrawi mungkin sekilas tampak berkurang, namun sejatinya adalah berinvestasi dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang banyak. Dengan begitu jelas pasti jika dengan memberi atau sedekah tidak akan membuatmu miskin. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Sedekah tidaklah mengurangi harta.

Orang miskin, orang yang belum mengetahui dan orang-orang lain yang membutuhkan bantuan apapun dari kita yang mampu adalah ciptaan dan utusan Allah. Barangsiapa menolaknya sesungguhnya telah menolak Allah. Barangsiapa memberi kepadanya sesungguhnya telah memberi kepada Allah.

Sebab itu jika ada yang meminta sedekah, lantas kita tidak mau atau tidak ada yang akan disedehkan, baiknya tetap berkata baik dan bijak. Bukan merendahkan, atau malah memberikan kultum kepadanya. Bukankah Allah berpesan kepada kita untuk tidak menghardiknya? Dalam QS Ad Dhuha ayat 10 disebutkan:

Baca Juga :  Malaikat Doakan Orang yang Gemar Bersedekah dan Orang Pelit

وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ

Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah kamu menghardiknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here