Hari Baik untuk Memulai Bekerja dan Berdagang

0
964

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, hari Senin merupakan hari yang sangat istimewa. Banyak hal-hal mulia yang terjadi di hari Senin, mulai dari Nabi Saw dilahirkan, Nabi Saw diangkat menjadi nabi dan rasul, Nabi Saw wafat, Nabi Saw hijrah ke Madinah, juga beliau mengangkat hajar aswad di hari Senin.

Selain itu, hari Senin merupakan hari baik untuk memulai bekerja, berdagang, berbisnis. Terdapat beberapa riwayat yang menyebutkan keistimewaan dan keutamaan memulai bekerja, berdagang dan berbisnis di hari Senin.

Di antaranya adalah riwayat yang disebutkan dalam dalam kitab Al-Maqshadul ‘Ali fii Zawaid Abi Ya’la Al-Mushili, bahwa Ibnu Abas pernah berkata:

وَيَوْمُ الِاثْنَيْنِ يَوْمُ السَّفَرِ

Hari Senin adalah hari untuk bepergian.

Maksud safar atau bepergian dalam riwayat ini adalah bepergian untuk bekerja, berdagang atau berbisnis, bukan bepergian untuk rekreasi atau liburan. Hal Ini diperkuat dengan riwayat lain yang disebutkan oleh Imam Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamadzani dalam kitab Al-Sab’iyat fi Mawa’idzil Bariyat berikut;

قال انس ابن مالك: سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن يوم الاثنين فقال يوم سفر وتجارة قالوا كيف ذلك يا رسول الله قال لان فيه سافر شيث النبي عليه السلام للتجارة وربح في تجارته

Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw pernah ditanya mengenai hari Senin. Beliau mengatakan bahwa hari Senin adalah hari bepergian dan berdagang. Para sahabat bertanya; Bagaimana hal itu bisa terjadi, wahai Rasulullah? Beliau menjawab; Karena pada hari Senin Nabi Syist bepergian untuk berdagang dan dia mendapatkan keuntungan dari dagangannya.

Dengan demikian, memulai bekerja dengan semangat di hari Senin, atau berdagang dan berbisnis akan mendapatkan keuntungan. Selain itu, memulai bekerja dan berdagang di hari Senin juga akan dijauhkan dari bahaya dan musibah.

Baca Juga :  Herayati dan Tiga Modal Pentingnya

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Sayidina Ali dalam syair berikut;

وفي الاثنين ان سافرت فيه  نجوت من المصائب والبلاء

Jika kamu bepergian di hari Senin, maka kamu akan selamat dari musibah dan bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here