Hanya Empat Golongan Hamba ini yang Bisa Insaf dari Kelalaian Dunia

0
465

BincangSyariah.Com –Abu Laist as-Samarqandi dalam kitab Tanbihul Ghafilin menjelaskan bahwa orang yang paling beruntung adalah yang dapat menyadari kesalahan dan kekhilafannya selama hidup dan kemudian bertaubat dan insaf dari kelalaiannya. Orang yang demikian ketika ajal menjelang akan merasa kebahagiaan yang dijanjikan Allah dalam firman-Nya berikut ini

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu” (QS. Fussilat; 30)

Terkait ayat di atas, Abu Laist menjelaskan bahwa kebahagiaan menjelang maut diperuntukkan bagi setiap muslim yang bertaubat dan menyadari kesalahannya. Namun, jelas Abu Laist, hanya empat golongan hamba ini yang bisa insaf dari kelalaiannya. Yakni;

Pertama, orang yang mengatur urusan dunia dengan sikap rela menerima dan rasa cukup. Orang demikian akan mengatur dunia dengan tenang dan merasa masih banyak waktu.

Kedua, orang yang memerhatikan urusan akhirat dengan cermat dan bersungguh-sungguh karena merasa bahwa waktu hidup di dunia semakin mendesak dan tidak bisa ditunda.

Ketiga, orang yang memperhatikan perkara agama dengan memperbanyak pengetahuan tentangnya dan rajin mempelajari ilmunya.

Keempat, orang yang bergaul dengan sesamanya dengan saling memberikan nasehat dan sabar.

Wallahu’alam.

Baca Juga :  Inilah yang Diajarkan Islam Saat Anda Alami Kekalahan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here