Hanya Allah yang Tahu Lima Hal Ghaib Ini

1
3801

BincangSyariah.Com – Tidak semua hal dapat diketahui oleh makhluk. Khususnya hal-hal ghaib yang sudah diluar nalar. Di antaranya adalah lima hal yang telah disebutkan oleh Allah swt. di dalam Q.S. Luqman ayat 34 sebagai berikut.

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ ما فِي الْأَرْحامِ وَما تَدْرِي نَفْسٌ ما ذا تَكْسِبُ غَداً وَما تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (34)

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Berdasarkan ayat tersebut, Allah swt. menegaskan bahwa hanya Dirinyalah yang mampu mengetahui lima hal ghaib tersebut. Sehingga tidak ada satupun makhluk yang dapat mengetahuinya kecuali atas izinNya.

Pertama, waktu terjadinya hari Kiamat.  Allah swt. berfirman “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat.” Maka, informasi kapan pastinya hari Kiamat itu terjadi adalah hanya Allah swt. saja yang tahu. Para nabi, rasul, dan raja pun tidak ada yang tahu. Allah swt. juga berfirman, “……Tidak ada seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia……” (Q.S. Al-A’raf/187).

Kedua, turunnya hujan. Hanya Allah swt. lah yang dapat mengetahui kapan dan di mana hujan akan turun. Lalu, ketika Allah memerintahkan hal itu, maka kemudian malaikat mengetahuinya serta makhluk yang dihendakiNya. Adapun yang diketahui oleh ahli iklim dan cuaca hanyalah sebatas prediksi dan perkiraan saja, tidak sampai dalam tahap mengetahui yang ghaib.

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Air Mata yang Dirindukan Langit

Ketiga, mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Yakni sejatinya hanya Allah swt. lah yang dapat mengetahui kondisi janin sempurna tidaknya, watak, sifat, dan jenis kelaminnya, laki-laki atau perempuan. Adapun yang diketahui oleh dokter lewat alat-alat canggih sekarang ini, bukanlah sampai tahap mengetahui yang ghaib. Di mana hal itu hanya prediksi saja, karena semuanya bisa terjadi atas kehendak Allah swt. Sementara makhluknya hanya benar-benar dapat mengetahui apa yang ada di dalam rahim setelah dilahirkan.

Keempat, mengetahui apa yang dilakukan makhluknya esok hari. Allah swt. berfirman, “Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok.” Sehingga kita tidak ada yang tahu, kebaikan maupun keburukan apa yang akan kita jalani esok hari, baik di dunia maupun di akhirat. Manusia hanya bisa berusaha dan merencanakan hal-hal yang baik, setelah itu mereka pasrahkan kepada Allah swt. Karena dialah yang Maha Mengetahui.

Kelima, mengetahui tempat makhlukNya mati. Salah satu hal ghaib yang hanya Allah swt. saja yang tahu adalah tempat matinya seseorang. Sehingga, seseorang tidak ada yang tahu dimana ia akan mati. Apakah di daerah tempat tinggalnya, di perjalanan, di darat, laut, atau di tempat terpencil. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

1 KOMENTAR

  1. Sy sangat suka dg artikel2 di Bincang Syariah, menambah cakrawala ilmu agama bil hikmah wa mauidhoh hasanah.
    Syukran…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here