Gus Mus: Jangan Pernah Berhenti Belajar!

1
36

BincangSyariah.Com – Pada Jumat (25/9) K.H. Mustofa Bisri atau biasa dipanggil Gus Mus mengunggah foto dirinya yang sedang menggunakan kaus bertuliskan: Jangan pernah berhenti belajar! (Baca: Ada juga Ulama yang Lambat Belajar, Tapi Jadi Sangat Alim di Usia Senja)

Saat hari Jumat tiba, Gus Mus memang rutin mengunggah foto dengan caption yang menarik di akun Instagram pribadinya, @s.kakung. Captionnya bisa berupa nasihat, peringatan, syair, atau sekadar kutipan yang diambil dari buku atau pemikiran tokoh.

Tulisan dalam kaus adalah tulisan tangan Gus Mus sendiri. Selain foto, beliau juga menambahkan caption sebagai berikut:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi. Semoga Allah memberkahi Jum’at kita dan memudahkan kita melakukan kebaikan-kebaikan yang diridaiNya.

JUM’AT CALL: *Orang yang paling dicintai Rasulullah SAW dan paling dekat kedudukannya dengan beliau di Hari Kiamat kelak,* bukanlah orang yang paling banyak ilmunya; bukan yang paling rajin ibadahnya; atau yang paling tinggi pangkatnya, tapi: *orang yang paling baik akhlaknya.* (Dari Hadis Nabi)

Dalam foto, Gus Mus menekankan tentang pentingnya menuntut ilmu. Dalam caption, Gus Mus menerangkan sebuah hadits yang menyatakan bahwa akhlak merupakan pertimbangan pertama jika ingin dicintai oleh Allah Swt.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad Saw. menyatakan seluruh umat Islam wajib untuk menuntut atau mencari ilmu. Dalam kitab Ta’limul Muta’allim, salah satu syarat menuntut ilmu adalah thulu zaman yang berarti membutuhkan waktu yang sangat panjang.

Hal tersebut menunjukkan bahwa umat Islam diwajibkan menuntut ilmu seumur hidup dalam rentang waktu yang tidak singkat. Sebab, menuntut ilmu membutuhkan proses belajar yang berkelanjutan, sama sekali tidak instan. Semakin bertambah ilmu seseorang, maka akan semakin bertambah pula rasa takut dan cintanya kepada Allah Swt.

Baca Juga :  Kitab Bahjat al-Wudluh: Di Dunia, Susah dan Senang itu Silih Berganti

Untuk meningkatkan ketaqwaan, umat Islam mesti mau belajar, mengaji dan menimba ilmu, kapan pun, di mana pun, dengan siapa pun dan dalam kondisi apa pun. Ilmu yang didapatkan bisa membantu kita mendekatkan diri kepada Allah Swt. Baik berupa ilmu-ilmu ibadah mahdoh, seperti tata cara sholat, membaca Al-Qur’an, berpuasa dan berhaji. Ataupun ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi lainnya.

Kata “Ilmu” berasal dari Bahasa Arab ‘Alima, Ya’lamu, ‘Ilman, yang memiliki arti “Mengerti sesuatu”. Kata ilmu juga berasal dari kala ‘allama yang berarti “memberi tanda atau petunjuk” yang berarti pengetahuan. Tak heran apabila Gus Mus mengingatkan para pengikutnya di Instagram agar jangan pernah berhenti belajar.

Ilmu bisa diartikan sebagai seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Tak heran jika setiap orang Muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu sebab sesuai dengan hadits Nabi Muhammad Saw.:

 طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim.”

Kegemaran menuntut ilmu membuat seorang Muslim lebih tahu tentang banyak hal. Meskipun prioritas menuntut ilmu dalam Islam adalah memelajari ilmu agama, khususnya ilmu iman dan islam serta ilmu mengenal Allah Swt, tapi umat Islam tidak boleh begitu saja mengabaikan ilmu-ilmu lainnya.

Sebab tanpa ilmu, umat Islam hanya akan menjadi terbelakang dibandingkan dengan umat-umat lain di muka bumi ini. Ingat, ilmu yang kita dapatkan mampu menyingkap tabir kehidupan manusia dan memahami rahasia-rahasia yang telah diciptakan Allah Swt. agar diungkapkan oleh manusia demi kemajuan peradabannya.

Mencari ilmu memang terasa amat berat, terutama ilmu-ilmu yang bisa semakin mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah Swt. Sabda Rasulullah Saw.:

Baca Juga :  Penghormatan Nabi pada Jenazah Yahudi

   مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ  . رَوَاهُ مُسْلِم

“Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah Swt. pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (H.R. Muslim).

Benar apa yang dikatakan oleh Gus Mus, jangan pernah berhenti belajar sebab Allah Swt. akan memudahkan jalan seorang Muslim menuju surga dengan ilmu yang bermanfaat dalam dirinya sesuai dengan yang disebutkan dalam hadits di atas.[]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here