Grand Syekh Al-Azhar Himbau Agar Tidak Berfoto dan Unggah di Medsos saat Sedekah

2
1700

BincangSyariah.Com – Jika selama ini kita sering melakukan swa foto saat melakukan sedekah atau menolong orang lain, sepertinya harus kita fikir-fikir ulang. Apakah swa foto yang kita lakukan bisa berdampak pada munculnya sifat sombong dan riya dalam hati kita atau tidak.

Mungkin pada awalnya kita akan mengira bahwa swa foto dan unggahan di media sosial kita saat memberikan bantuan akan memotivasi orang lain dan serta mengajak mereka untuk melakukan hal yang sama. Namun di sisi lain, kita juga bisa terjebak dengan sifat riya yang muncul tanpa kita sadari.

Hal ini pernah diingatkan oleh Grand Syekh al-Azhar, Syekh Ahmad Thayyeb. Dalam sebuah maklumatnya, yang pernah dimuat oleh Ahram.org, Ahmad Thayyeb menghimbau agar tidak mengabadikan dalam foto atau gambar kegiatan yang berkaitan dengan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan baik berupa sedekah, zakat, atau kegiatan amal lain.

Salah satu argumentasi dari Syekh Ahmad Thayyeb adalah untuk menghormati dan menjaga martabat para kaum mustahiq (orang-orang yang membutuhkan bantuan) dan agar tidak terkesan ‘menjual’ kesusahan orang lain. Himbauan ini disampaikan kepada lembaga pengelola zakat di bawah naungan al-Azhar.

Di sisi lain, menurut hemat penulis, terkadang jika bantuan atau sedekah yang kaitannya dengan perorangan memang sebaiknya tidak perlu diumbar atau diposting melalui media sosial, namun jika kita bisa menjaga niat, terutama untuk istibaq al-khairat (berlomba-lomba untuk kebaikan) atau tahaddus lin ni’mah, serta mencegah munculnya riya’ kegiatan donasi yang dilakukan oleh perorangan ada kalanya baik diposting media sosial.

Jika berkaitan dengan lembaga atau institusi yang mengharuskan untuk foto dan unggah di media sosial, tentu hal ini tidak masalah, karena selain berkaitan dengan laporan kegiatan dan transparansi keuangan, juga dapat memacu orang lain untuk bergabung dan membantu sesama.

Baca Juga :  Hukum Meminta-minta di Masjid

Tetapi ada satu hal yang perlu kita garis bawahi, yaitu jangan terlalu mengekspose para mustahiq, sebagaimana dijelaskan dan dihimbau oleh Grand Syekh al-Azhar di atas.

Selengkapnya klik di Islami.co

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here