Empat Surah Ini Diakhiri dengan Kalimat Doa

5
735

BincangSyariah.Com – Dalam Al-Qur’an, terdapat beberapa bentuk kalimat tertentu yang dijadikan ayat penutup sebagai akhir surah. Di antaranya dalam bentuk kalimat doa. Surah Al-Quran yang diakhiri dengan bentuk kalimat doa ada empat, sebagaimana berikut.

Pertama, surah Al-Baqarah [2]: 283. Surah ini diakhiri dengan ayat dalam bentuk doa berikut;

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

Kedua, surah Al-Mukminun [23]: 118. Surah ini diakhiri dengan ayat dalam bentuk doa berikut;

وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Dan katakanlah; ‘Ya Tuhanku, berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik.

Ketiga, surah Nuh [71]: 28. Surah ini diakhiri dengan ayat dalam bentuk doa berikut;

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Baca Juga :  Anjuran Membaca Sayidul Istighfar di Bulan Rajab

Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.

Keempat, surah Al-Falaq [115]: 5. Surah ini diakhiri dengan ayat dalam bentuk doa berikut;

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Dan (saya berlindung) dari kejahatan pendengki bila ia dengki.

Demikian empat surah yang diakhiri dengan ayat dalam bentuk doa.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here