Empat Surah Ini Diakhiri dengan Ayat Kisah

0
202

BincangSyariah.Com – Selain mengandung ajaran tauhid, hukum, ibadah, dan zikir, Al-Quran juga mengandung tentang kisah. Bahkan porsi ayat kisah ini sangat banyak di dalam Al-Quran dan tersebar di berbagi surah, termasuk di antaranya berada di empat surah yang diakhiri dengan ayat kisah ini.

Pertama, surah Maryam. Allah berfirman;

وَكَمْ اَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِّنْ قَرْنٍۗ هَلْ تُحِسُّ مِنْهُمْ مِّنْ اَحَدٍ اَوْ تَسْمَعُ لَهُمْ رِكْزًا

Dan berapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka. Adakah engkau (Muhammad) melihat salah seorang dari mereka atau engkau mendengar bisikan mereka?.

Kedua, surah Al-Tahrim. Allah berfirman;

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرٰنَ الَّتِيْٓ اَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيْهِ مِنْ رُّوْحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمٰتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهٖ وَكَانَتْ مِنَ الْقٰنِتِيْنَ

Dan Maryam putri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari roh (ciptaan) Kami; dan dia membenarkan kalimat-kalimat Tuhannya dan kitab-kitab-Nya; dan dia termasuk orang-orang yang taat.

Ketiga, surah ‘Abasa. Allah berfirman;

وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ عَلَيْهَا غَبَرَةٌ تَرْهَقُهَا قَتَرَةٌ أُوْلَئِكَ هُمُ الْكَفَرَةُ الْفَجَرَةُ

Dan banyak (pula) muka pada hari itu tertutup debu, dan ditutup lagi oleh kegelapan. Mereka itulah orang-orang kafir lagi durhaka.

Keempat, surah Al-Fil. Allah berfirman;

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ

(Burung Ababil) yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Baca Juga :  Tidak Membaca Surah pada Rakaat Pertama dan Kedua, Bolehkah Membaca pada Rakaat Ketiga dan Keempat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here