Empat Hak Nabi Muhammad yang Harus Ditunaikan Umatnya

0
19

BincangSyariah.Com – Ada empat hak Nabi Muhammad yang harus ditunaikan umatnya. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Nurul Huda Maarif dalam buku Samudra Keteladanan Muhammad mengutip pendapat Zain ad-Din Al-‘Alawi Al-Husaini.

Pertama, al-mutaba’ah li sunnatih wa an-nashr li dinihi wa syariatih (mengikuti sunnahnya serta membela agama dan syariahnya). Mengikuti sunnahnya berarti mengikuti ucapan, perbuatan, dan ketetapannya. Inilah tanda mencintainya, karena cinta perlu bukti dan komitmen.

Allah swt. berfirman, “Katakanlah jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Ali Imran: 31)

Kedua, al-mahabbah wa al-mawaddah lah (mencintainya). Hal ini juga menjadi hak bagi Nabi Muhammad saw. yang seharusnya ditunaikan umatnya sejak zaman sahabat hingga sekarang. Sebuah hadis muttafaq alaih menyebutkan bahwa iman seseorang tidak sempurna sehingga ia lebih mencintai Nabi Muhammad saw. dari pada orang tua, anak, dan seluruh manusia. (Baca: Menjadi Wali Karena Sering Memperingati Maulid Nabi)

Sehingga, rasa cinta kepadanya harus diutamakan setelah cinta kepada Allah swt. Rasa cinta kepadanya hari ini dapat diaplikasikan dengan menjalankan sunahnya dan meneladani akhlak-akhlaknya.

Ketiga, ta’dhimuh wa tauqiruh (mengagungkan dan memuliakannya). Hak berikutnya bagi Nabi Muhammad saw. adalah diagungkan dan dimuliakan oleh seluruh makhluk. Dr. Nurul Huda menjelaskan betapa ta’dhim-nya para sahabat kepada beliau. Mereka ketika berhadapan dengan beliau seperti di kepalanya ada seeokor burung dara yang hinggap; tunduk tidak berani menatapnya. Begitu hormat dan memuliakan.

Keempat, al-iktsar min ash-shalah wa as-salam ‘alaih (memperbanyak shalawat dan salam atasnya). Hak terakhir yang seharusnya diberikan kepada Nabi Muhammad saw. adalah bacaan shalawat dan salam. Bahkan, Allah swt. dan para malaikat pun memberikan hak tersebut kepadanya. “Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. Al-Ahzab: 56)

Baca Juga :  Enam Hal Tidak Disyariatkan Diawali dengan Basmalah

Oleh sebab itu, maka tidak heran jika orang yang disebut kikir adalah orang yang tidak mau bershalawat atas Nabi Muhammad saw. Padahal, orang yang mau bershalawat dan salam atasnya, maka Allah swt. akan berkirim shalawat kepadanya sebanyak 10 kali, Allah swt. juga akan menghapus 10 kesalahannya, dan meninggikan atasnya 10 derajat (H.R. Ahmad).

Demikianlah empat hak Nabi Muhammad saw. yang harus ditunaikan umatnya. Hak untuk diikuti sunnahnya, dicintai, dimuliakan, dan dibacakan shalawat serta salam. Hak-hak tersebut pada dasarnya tidak sebanding dengan apa yang telah Nabi Muhamamd saw. berikan kepada umatnya. Semoga kita dapat memenuhi hak-hak Nabi Muhammad saw. tersebut setiap saat. Aamiin. Wa Allahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here