Empat Cara Islam Untuk Mengatasi Kesulitan Hidup

0
1392

BincangSyariah.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan hidup. Dalam kehidupan, selalu ada kesulitan dan kemudahan. Jika kita mampu melewati kemudahan hidup dengan baik, mengapa kita tak bisa melewati kesulitan hidup dengan baik pula?

Islam mengajarkan jalan keluar bagi kesulitan hidup yang dialami manusia, terutama umat Islam. Dalam setiap kesulitan, pasti ada jalan keluarnya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghadapi kesulitan sesuai dengan anjuran dalam ajaran agama Islam:

Pertama, shalat lima waktu.

Shalat lima waktu adalah cara terbaik untuk terhubung dengan Allah Swt. Sebab selain melaksanakan shalat, kita juga memanjatkan doa lima kali setiap hari. Sembari berdoa, kita bisa berbagi semua masalah kepada Allah Swt.

Apabila kita pernah merasakan kesal dan khawatir yang berlebihan, maka kita tinggal menghentikan apa pun yang dilakukan. Tinggalkan apa yang dilakukan untuk sejenak beribadah dan berdoa agar mendapatkan ketenangan dari semua masalah yang sedang dihadapi.

Kedua, membaca Al-Qur’an dengan terjemahan.

Memanjakan diri dengan membaca Al-Quran dengan terjemahan akan memberikan pengetahuan dan panduan untuk masalah-masalah yang sedang dihadapi. Jangan lupa untuk tetap membaca tafsir dari para ulama agar pemahaman kita tidak menyimpang dan asal-asalan.

Membaca Al-Quran juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang. Kini, membaca Al-Qur’an bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Al-Qur’an digital sudah tersedia di gadget dan murrotal Al-Qur’an bisa kita dengar kapan pun dan di mana pun dengan menggunakan earphone.

Ketiga, berbagi masalah melalui doa.

Jika kita tidak memiliki siapa pun untuk berbagi masalah atau merasa tidak nyaman untuk berbagi masalah dengan orang, cobalah untuk bercerita kepada Allah Swt. Dialah yang Maha Pemurah. Saat berdoa, bebaskan saja semua perasaan dan ketegangan hidup kepada-Nya.

Baca Juga :  Apakah Kotoran Telinga dan Hidung Najis?

Keempat, bersedekah.

Beramal dalam bentuk apa pun harus menjadi kebiasaan. Baik itu uang tunai, pakaian atau kebutuhan pokok dan lain sebagainya. Memberikan bantuan untuk orang-orang yang membutuhkan adalah hal baik yang harus terus dipelihara. Insya Allah, Allah Swt. akan menghitung setiap tindakan bantuan yang dilakukan.

Ingat, kesulitan hidup adalah ujian dari Allah Swt. yang tidak bisa dicegah. Sebagai umat Islam, kita diharuskan untuk melewati kesulitan hidup dengan tetap beribadah kepada Allah Swt. Jangan kehilangan harapan di masa sulit. Semuanya akan berlalu dan hari yang lebih baik akan segera datang.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here