el-Bukhari Institute Menggagas Sekolah Hadis

0
214

BincangSyariah.Com – Divisi Pelatihan el-Bukhari Institute (eBI) bekerjasama dengan Bincangsyariah sebagai media partner, melaunching program baru yang mereka sebut dengan Sekolah Hadis. Program ini bertujuan untuk membumikan kajian hadis di Nusantara dengan menggunakan metode Short-Course dan Focus Group Discussion (FGD).

Gagasan ini dimaksudkan hanya untuk mengisi dan menyemarakkan sepinya kajian-kajian hadis di Indonesia serta minimnya para ilmuan yang bisa disebut sebagai muhaddis di zaman sekarang.

Rumusan tersebut berbeda dengan apa yang diterapkan oleh Pesantren Darus-Sunnah Jakarta, lembaga kajian hadis yang didirikan oleh Almarhum Kiai Ali Mustafa Yaqub rahimahullah, yang menerapkan sistem kolaborasi antara sistem klasikal-modern ala pesantren sebagai metodenya ataupun Lembaga Kajian Hadis al-Mughni pimpinan Ustadz Luthfi Fathullah yang fokus dalam pengembangan hadis melalui dunia digital.

Kelebihan program ini terletak pada bentuk penyajian dan durasi belajarnya yang lebih singkat, yaitu lebih kurang 14x pertemuan. Hal ini terinspirasi dari beberapa program serupa yang pernah diadakan oleh lembaga penelitian lain dalam disiplin ilmu yang berbeda, seperti Sekolah Demokrasi yang diadakan oleh Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID), Pendidikan Kader Mufasir oleh Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) pimpinan Ustadz Quraish Shihab, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, sasaran program ini adalah semua kalangan yang mempunyai kecendrungan terhadap kajian hadis, khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya. Kelas yang akan dibuka bulan ini akan difokuskan ke dalam tiga kategori.

Pertama, kelas mustalah hadis (kaedah-kaedah dasar Ilmu Hadis). Kedua, kelas takhrij wa dirasah al-sanad (metode pelacakan hadis dan menganalisa kualitasnya). Dan ketiga, kelas thuruq fahmil hadis (metode pemahaman hadis).

Sementara itu, buku yang akan dijadikan pegangan dalam setiap kelas adalah kitab Taisir Mustalah al-Hadis karya Mahmud Thahhan untuk kelas mustalah, kitab Ushul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid karya Mahmud Thahhan untuk kelas takhrij, serta kitab al-Thuruq al-Shahihah fi Fahm al-Sunnah al-Nabawiyyah karya Kiai Ali Mustafa Yaqub untuk kelas thuruq.

Selain itu, juga akan dikombinasikan dengan kitab-kitab lain yang sejenis sebagai pengayaan dan bahan diskusi.
Outcome atau target utama program ini adalah agar setiap peserta dapat menguasai materi-materi dasar terkait Ilmu Mustalah Hadis, metode takhrij hadis dasar dan kajian sanadnya dengan metode digital, serta metode pemahaman hadis yang benar dan humanis.

Baca Juga :  Bergembira atas Kelahiran Nabi Muhammad itu Sunah; Bantahan untuk Kelompok Anti-Maulid

Target ini sesuai dengan tingkatan kajian hadis di masa sekarang sebagaimana yang pernah dipetakan oleh Almarhum Kiai Ali Mustafa Yaqub dalam sejumlah karya-karyanya.

Terkait dengan jadwal pelaksanaan, program ini akan dimulai pada Senin, 19 September 2016 mendatang dengan pilihan jadwal setiap Senin dan Kamis untuk kelas Mustalah, Selasa dan Jum’at untuk kelas Takhrij, serta Rabu dan Sabtu untuk kelas Thuruq. Masing-masing kelas berdurasi 1,5 jam untuk setiap pertemuan, yaitu dari jam 16.00 sampai dengan 17.30 Wib dengan kuota minimal peserta sebanyak lima sampai sepuluh orang/kelas.

Bagi yang berminat mengikuti program ini dipersilahkan untuk mendaftarkan diri melalui nomor kontak 0857-7060-9022 atas nama Ustadz Kaula Fahmi atau BBM ke 581F7292. Pendaftaran juga bisa dengan datang langsung ke kantor El-Bukhari Institute di Jalan Cempaka, No. 52 B, Cereundeu, Ciputat Timur, Tangsel, Banten. (Lapangan Kabadiyah/Pasar Malam Jum’at). Informasi lebih lanjut baca pamflet berikut:

Berikut formulir pendaftaran Sekolah Hadis eBI. Silakan klik link ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here