Dua Hal yang Menjadikan Seluruh Aktivitas Mukmin Bernilai Baik

0
1830

BincangSyariah.Com – Salah satu kenikmatan yang terbesar adalah menjadi seorang mukmin. Terlebih jika keimanan itu sudah melekat di dalam diri sejak lahir. Selain itu, menjadi mukmin juga memiliki keistimewaan. Semua yang dilakukannya dapat bernilai kebaikan jika didasari dua hal sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Nabi saw. sebagai berikut.

عَنْ صُهَيْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ ». رواه مسلم

Dari Shuhaib r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh luar biasa perkara seorang mukmin, sesungguhnya perkaranya seluruhnya baik dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh seorangpun melainkan seorang yang beriman, jika ia mendapatkan kebaikan maka ia bersyukur, inilah yang lebih baik baginya dan jika ia mendapatkan keburukan maka ia bersabar, inilah yang lebih baik baginya.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut, Nabi saw. menjelaskan bahwa dua hal yang dapat membuat seluruh aktifitas seorang mukmin bernilai kebaikan adalah syukur dan sabar. Syukur ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah swt. apapun itu. Bahkan pada dasarnya nikmat yang telah diberikan Allah swt. pun banyak sekali dan tak dapat dihitung jumlahnya. Ketika seorang mukmin mampu selalu mensyukuri atas semua yang telah diberikan Allah swt. tersebut, maka Allah swt. telah menyiapkan kebaikan-kebaikan kepadanya yang tidak diberikan kepada selainnya.

Demikian pula ketika seorang mukmin itu mampu bersabar atas segala ujian dan cobaan, maka ia pun akan mendapatkan kebaikan-kebaikan yang tidak diberikan kepada selainnya. Memang tidak mudah selalu bersikap sabar atas semua ujian. Namun, hal itu bisa dilatih sedikit demi sedikit dan terus menerus. Semoga kita selalu menjadi hamba yang bersyukur dan bersabar. Aamiin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here