Dua Cara Ampuh Untuk Menjaga Pandangan dan Kehormatan

0
38

BincangSyariah.Com – Setiap Muslim mesti menjaga pandangan dan kehormatan.

Mengapa demikian? Sebab, pandangan laki-laki terhadap perempuan atau sebaliknya termasuk celah bagi setan melancarkan strategi untuk menggodanya.

Jika hanya sekilas saja atau secara spontanitas atau tidak sengaja, pandangan mata tersebut tidak menjadi masalah.

Pandangan pertama yang tidak sengaja diperbolehkan. Tapi, apabila berkelanjutan, maka menjadi haram hukumnya. Rasulullah Saw. Bersabda:

Dari ‘Abdulah bin Buraidah dari ayahnya, bahwa Rasulullah saw. Bersabda kepada ‘Ali bin Abi Țhalib: “Hai ‘Ali! Janganlah kau ikuti pandangan pertama dengan pandangan selanjutnya, karena yang pertama dimaafkan, tapi yang selanjutnya tidak.” (H.R. Ahmad)

Untuk menjaga agar pandangan pertama tidak disertai tujuan lain tersebut, maka seorang Muslim mesti cepat-cepat mengendalikan diri.

Salah satu caranya adalah dengan menundukkan pandangan. Hal tersebut mesti dilakukan sebelum iblis memasuki atau memengaruhi pikiran dan hati kita.

Segera mohon pertolongan kepada Allah Swt. agar tidak mengulangi pandangan yang mengandung unsur nakal.

Jangan lupa untuk berdoa agar bisa menjaga pandangan dan kehormatan semaksimal mungkin demi meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Menjaga pandangan bisa dilakukan dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. Lantas, bagaimana dengan menjaga kehormatan?

Organ paling pribadi milik manusia sering disebut atau diperhalus dengan kata atau sebutan “kehormatan”.

Kehormatan adalah benteng paling akhir dari harga diri dan kehormatan manusia baik laki-laki atau perempuan ada pada organ tubuh yang paling pribadi tersebut.

Kehormatan atau organ vital manusia bisa juga disebut dengan “kemaluan”. Sebutan tersebut relevan karena palang pintu rasa malu terakhir adalah pada bagian tubuh tersebut.

Orang dewasa yang normal, baik laki-laki atau perempuan akan merasa sangat malu apabila organ vitalnya terlihat oleh pihak lain yang tidak memiliki hak untuk memandangnya.

Adakah cara lain agar seorang Muslim mampu menjaga pandangan dan kehormatannya dengan baik dan konsisten?

Jawabannya adalah bisa. Seorang Muslim bisa meningkatkan aktivitas dan menjalankan satu rutinitas dengan rajin berpuasa.

Islam menganjurkan pada para pemuda dan remaja yang belum menikah agar memperbanyak aktivitas atau kegiatan yang positif.

 

Hal tersebut akan membantu seseorang untuk menjaga pandangan dan kehormatan serta mengalihkan perhatian dan pikiran mesum.

Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas juga bisa menyebabkan perhatian selalu fokus ke arah yang positif.

Cara lain yang bisa ditempuh untuk menahan nafsu bagi para pemuda dan remaja yang belum menikah adalah dengan berpuasa sunnah.

Islam adalah agama yang indah dan sehat. Ketaatan beribadah dan rajin menjalankan ibadah puasa sunnah akan membuat pikiran dan hati menjadi bersih dan jernih.

Puasa akan membersihkan pikiran dari niat buruk untuk melakukan hal yang melanggar kesusilaan. (Baca: Cara Menjaga Pergaulan yang Sehat)

Bagaimana, mudah bukan menjaga pandangan dan kehormatan?

Selamat mencoba.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here