Dosakah Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk?

0
1830

BincangSyariah.Com – Sebagian orang ada yang mengonsumsi minuman beralkohol dalam kadar yang tidak memabukkan. Misalnya, satu gelas kecil. Biasanya ini dilakukan untuk sekedar menghangatkan tubuh, bukan untuk mabuk-mabukan. Pertanyaannya, dosakah minum alkohol tapi tidak mabuk?

Menurut kebanyakan para ulama, mengonsumsi minuman khamr atau beralkohol, baik sedikit atau banyak, minum sampai mabuk atau tidak, hukumnya tetap haram dan berdosa. Meskipun minum tidak sampai mabuk karena kadarnya sedikit, hukumnya tetap haram.

Terdapat beberapa hadis yang dijadikan dalil oleh para ulama mengenai keharaman mengonsumsi minuman khamr atau beralkohol meskipun sedikit dan tidak sampai mabuk. Di antaranya adalah hadis riwayat Ibn Majah dari Abdullah bin Umar, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ وَمَا أَسْكَرَ كَثِيرُهُ فَقَلِيلُهُ حَرَامٌ

Setiap yang memabukkan hukumnya haram, dan apa yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnya pun tetap haram.

Juga berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi dan Imam Abu Daud dari Sayyidah Aisyah Ra., dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ مَا أَسْكَرَ الْفَرَقُ مِنْهُ فَمِلْءُ الْكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ

Setiap yang memabukkan hukumnya haram, dan apa yang setara dengan satu faraq (ukuran yang setara tiga sha’) memabukkan, maka sepenuh telapak tangan darinya adalah haram.

Dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Nabi Saw bersabda;

حُرِّمَتِ الْخَمْرُ بِعَيْنِهَا قَلِيلُهَا وَكَثِيرُهَا وَالْمُسْكِرُ مِنْ كُلِّ شَرَابٍ

Khamr diharamkan sebab dzatnya baik sedikit maupun banyak, (dan diharamkan juga) yang memabukkan dari seluruh jenis minuman.

Berdasarkan hadis-hadis di atas, maka kebanyakan para ulama mengharamkan minuman yang memabukkan, baik minum sedikit atau banyak, sampai mabuk atau tidak. Memabukkan atau tidak, mengonsumsi minuman beralkohol hukumnya tetap haram dan berdosa.

Baca Juga :  Halalkah Darah Terselip pada Daging Hewan?

Ini sebagaiman disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah berikut;

وقد قال جماهير العلماء: كلّ شرابٍ أسكر كثيره حرم قليله..كما يدلّ بعضها على أنّ المسكر حرامٌ لعينه ، قلّ أو كثر ، سكر منه شاربه أو لم يسكر ، وهذا عند الجمهور

Kebanyakan para ulama mengatakan bahwa setiap minuman yang banyaknya memabukkan, maka yang sedikit juga haram.. Sebagaimana sebagian riwayat menunjukkan bahwa minuman yang memabukkan haram karena dzatnya, baik sedikit atau banyak, peminumnya sampai mabuk atau tidak mabuk. Ini menurut kebanyakan para ulama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here