Doa di Waktu Acara Pernikahan

1
21

BincangSyariah.Com – Memanjatkan doa di waktu acara pernikahan adalah hal yang wajib sebab pernikahan merupakan peristiwa yang sakral dalam kehidupan seorang manusia. Saat menikah, ada doa yang dipanjatkan agar pernikahan yang akan dijalani kedua mempelai menjadi sakinah, mawaddah, warahmah.

Disebutkan dalam kitab Majmu’ah Ahzab wa Awrad Al-Syaikh Al-Akbar Ibnu Arabi bahwa doa di waktu acara pernikahan adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ أَبِيْنَا آدَمَ وَأُمِّنَا حَوَّاءَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ بِاْليُمْنِ وَاْلُيسْرِوَ كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَبَيْنَ اُمِّنَا عَائِشَةَ وخَدِيْجَةَ اْلكُبْرَى اَللّٰهُمَّ اَلْقِ بَيْنَهُمَا مَوَدَّةً كَمَا اَلْقَيْتَهَا بَيْنَ عَليٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ وَفَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ وَكَمَا اَلْقَيْتَهَا بَيْنَ بِنْتَيْ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَعُثْمَانَ ذِيْ النُّوْرَيْنِ كاَلْغَرَّةِ اْلغَرَاءِ اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ بَيْنَ اْلجَلَالَيْنِ حَلاَوَةً كَماَ جَعَلْتَهَا بَيْنَ مُوْسَى وَصَفْوَرَاءَ وَاجْعَلْهُمَا مَارَّيْنِ بِحُرْمَةِ اُمِّنَا هَاجَرَ اِنَّكَ كُنْتَ غَفُوْرًا وَارْحَمْهُمَا بِحُرْمةِ اُمِّنَا رَحِيْمَةِ امْرَأَةِ اَيُّوبَ اِنَّهُ كَانَ صَفِيًّا صَبُوْرًا اَللّٰهُمَّ يَسِّرْ اَمْرَهُمَا وَكَثِّرْ عُمْرَهُمَا وَارْزُقْهُمَا رِزْقَا يَا خَيْرَ الرَّازِقِيْنَ وَحَسِّنْ خُلُقَهُمَا وَاخْلُفْ لَهُمَا خَلْفًا خَيْرًا يَا اَحْسَنَ اْلخَاِلقِيْنَ اَللّٰهُمَّ ارْزُقْهُمَا اَوْلاَدًا اَخْيَارًا وَلاَ تَجْعَلْهُم اَشْقِيَاءَ اَشْرَارًا وَاجْعَلْهُم شُفَعَاءَ لِوَالِدَيْهِمِا صِغَارًا وَكِبَارًا وَاَبْرَارًا اَللّٰهُمَّ اسْتُرْنَا بِسِتْرِكَ اْلجَمِيْلِ بِالنِّكَاحِ عَنِ السِّفَاحِ يَا صَفُوْحُ يَا سَتَّارُ وَلَا تَكْشِفْ سِرَّهُمَا وَاغْفِرْ شَرَّهُمَا يَا غَفُوْرُ يَا غَفَّارُ اَللّٰهُمَّ اكْثِرْ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ وَيَسِّرْ اَمْرَ اُمَّةَ مُحَمَّدٍ بِحُرْمَةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى اْلمُرْسَلِيْنَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Ya Allah, rukunkanlah  di antara keduanya sebagaimana Engkau merukunkan bapak kami Adam dan ibu kami Hawa dengan kebahagiaan dan kemudahan, juga sebagaimana Engkau merukunkan Nabi Muhammad Saw dan ibu kami Aisyah dan Khadijah. Ya Allah, berilah mereka kasih sayang sebagaimana Engkau memberikannya antara Ali dan Fatimah, juga Engaku memberikannya antara dua putri Nabi Muhammad dan Utsman.

Ya Allah, jadikanlah di antara keduanya kenyamanan sebagaimana Engkau menjadikan kenyamanan itu antara Musa dan Shafawara’, dan jadikanlah keduanya selalu berjalan beriringan dengan kehormatan Hajar. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, dan kasihanilah keduanya dengan kehormatan Rahima, istri Nabi Ayub, sesungguhnya dia adalah baik dan penyabar. Ya Allah, mudahkanlah urusan keduanya, panjangkan umurnya, dan berilah rizeki, sesungguhnya sebaik-baik Dzat Pemberi Rizeki. Juga baguskanlah akhlak keduanya dan berilah keduanya generasi yang baik, sesungguhnya Engkau sebaik-baik Dzat Pencipta.

Ya Allah, berilah keduanya anak-anak yang baik, dan jangan jadikan mereka orang-orang jahat, dan jadikanlah mereka sebagai penolong bagi kedua orang tuanya di waktu kecil dan ketika sudah dewasa. Ya Allah, tutupilah kami dengan tutup-Mu yang baik, dengan nikah dari zina, wahai Dzat Yang Maha Pemurah dan Maha Menutupi. Dan janganlah buka rahasia keduanya serta ampunilah keburukan keduanya, wahai Dzat Maha Pengampun.

Ya Allah, perbanyaklah umat Nabi Muhammad, mudahkanlah urusan umat Nabi Muhammad dengan kedudukan Nabi Muhammad, keluarganya dan seluruh sahabatnya. Keselamatan atas semua utusan dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Demikian doa di waktu acara pernikahan. Semoga, doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Swt. Melalui doa ini, semoga harapan-harapan kedua mempelai bisa terwujud.

Baca: Ini Penjelasan Esensi Doa Pernikahan adalah Kerukunan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here