Di Tengah Kegaduhan Politik, Ini Akhlak yang Seharusnya Dimiliki Umat Islam

0
808

BincangSyariah.Com – Akhlak memiliki kedudukan utama,bahkan menjadi puncak kesempurnaan manusia. Imam Al Ghazali mendefinisikan akhlak sebagai sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Sebab itu akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, sebagai individu maupun masyarakat dan bangsa, apalagi di momen pemilihan umum seperti saat ini yang mana banyak beredar berita hoaks.

Dalam agalam Islam, akhlak adalah perihal yang sangat ditekankan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu berhias dengan akhlak yang sempurna. Inilah keindahan Islam yang terus  mendorong umatnya untuk memiliki akhlak yang baik nan sempurna. Sebagaimana diutusnya Rasulullah dengan tugas mulia untuk menyempurnakan akhlak, Rasulullah bersabda dalam hadisnya:

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا

Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian.” (HR. Tirmidzi)

Lantas akhlak apakah yang paling utama? Dalam kitab “Qami’ut Thughyan” Syaikh Nawawi Al Bantani menerangkan:

قيم الدين الصلاة وسنام العمل الجهاد وأفضل أخلاق الإسلام الصمت حتى يسلم الناس

Tiang agama adalah salat, pucuknya amal adalah jhad, dan akhlak Islam yang paling utama adalah menjaga lisan sehingga orang lain selamat.

Keteranagn tersebut mengingatkan bahwa menjaga lisan sehingga orang lain selamat adalah akhlak yang paling utama. Bukankah lisan memang berada di bawah kendali hati seseorang? Sebab itu ketika seseoarang  hendak berbicara, tanyakan terlebih dahulu kepada hatinya. Apabila perkataan tersebut bermanfaat bagi dirinya maka dia akan bebicara, tetapi apabila tidak bermanfaat maka dia akan diam.

Diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab Shahih-nya, dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya.”

Hadis tersebut menyadarkan kita jika seseorang akan selamat jika bisa menyelamatkan lisannya. Sebab itulah akhlak yang paling utama adalah menjaga lisan sehingga orang lain selamat. Jika dijaga dengan baik, maka lisan akan mendatangkan manfaat yang banyak. Namun jika terjaga, maka akan mendatangkan madlarat yang banyak pula, bahkan merugikan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here