Di Rumah Tidak Ada Orang, Apakah Tetap Disunahkan Mengucapkan Salam?

0
3223

BincangSyariah.Com – Ketika kita hendak masuk rumah, selain disunahkan untuk membaca basmalah dan doa, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan salam pada penghuni yang tinggal di dalam rumah. Namun adakalanya ketika kita masuk rumah, di dalam rumah tersebut sudah dipastikan tidak ada penghuninya atau tidak ada orangnya. Dalam keadaan rumah tidak ada orangnya, apakah tetap disunahkan untuk mengucapkan salam?

Ketika kita masuk rumah, baik rumah sendiri atau rumah orang lain, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam. Anjuran ini berdasarkan firman Allah dalam surah al-Nur ayat 61 berikut;

فَإِذَا دَخَلْتُم بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِندِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kalian memasuki rumah-rumah, maka hendaklah kalian memberi salam kepada atas diri kalian sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik.”

Ayat ini berisi anjuran untuk mengucapkan salam ketika masuk rumah, dan tidak disebutkan rumah tersebut ada orangnya atau tidak. Karena itu, melalui ayat ini, para ulama tetap menganjurkan untuk mengucapkan salam ketika masuk rumah meskipun dalam rumah tersebut tidak ada orangnya.

Adapun lafadz salam ketika memasuki rumah yang kosong atau tidak ada penghuninya adalah sebagai berikut;

السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين

Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anantut Thalibin berikut;

ويسن لمن دخل محلا خاليا أن يقول السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين

“Disunahkan bagi seseorang yang memasuki tempat kosong untuk mengucapkan; ‘Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin.’”

Dalam kitab Raudhatut Thalibin, Imam Nawawi juga mengatakan sebagai berikut;

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺘﻮﻟﻲ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﻟﻤﻦ ﺩﺧﻞ ﺩﺍﺭ ﻧﻔﺴﻪ ﺃﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻠﻪ، ﻭﻟﻤﻦ ﺩﺧﻞ ﻣﺴﺠﺪﺍ ﺃﻭ ﺑﻴﺘﺎ ﻟﻴﺲ ﻓﻴﻪ ﺃﺣﺪ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ: ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻭﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ. ﻗﻠﺖ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﺴﻤﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻟﻪ، ﻭﻳﺪﻋﻮ، ﺛﻢ ﻳﺴﻠﻢ

Baca Juga :  Apakah Akad Nikah Melalui "Video Call" Sah?

“Imam al-Mutawalli berkata, ‘Dianjurkan bagi orang yang masuk rumah sendiri untuk memberi salam atas keluarganya, dan dianjurkan bagi orang yang hendak masuk masjid atau rumah yang di dalamnya tidak terdapat seseorang untuk mengucapkan; ‘Assalamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin. Saya (Imam Nawawi) berkata, ‘Sebelum memasukinya dianjurkan untuk membaca basmalah, berdoa, kemudian memberi salam.’”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here